Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Al-Itqon Semarang


Aran Satria, 3401407038 (2011) Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Al-Itqon Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Al-Itqon Semarang] Microsoft Word (Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Al-Itqon Semarang) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Pondok Pesantren memiliki peranan yang sangat penting, yaitu selain sebagai tempat untuk belajar ilmu agama Islam, juga sebagai tempat membentuk mental dan akhlak mulia. Salah satunya melalui pelaksanaan pendidikan karakter di pondok Pesantren Al-Itqon. Pelaksanaan pendidikan karakter dikarenakan terjadinya krisis moral di Indonesia yang bersumber dari kesalahan lembaga pendidikan nasional yang dianggap belum optimal dalam membentuk kepribadian peserta didik. Untuk itu pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Itqon bertujuan untuk mendidik dan membina mental dan akhlak para santri agar menjadi pribadi yang berakhlakul karimah, khususnya sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Pokok permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana cara-cara pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Itqon, nilai-nilai karakter apa saja yang diajarkan kepada santri, dan faktor-faktor apa saja yang menghambat pelaksanan pendidikan karakter di Pondok pesantren Al-Itqon. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui cara-cara pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Itqon, untuk mengetahui nilai-nilai karakter apa saja yang diajarkan kepada santri, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok pesantren Al-Itqon. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Dalam penelitian ini teknik triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Itqon melalui sistem pengajaran yang mengkaji kitab-kitab akhlak, kemudian internalisasi nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari, nilai-nilai karakter yang diajarkan pada santri antara lain nilai karakter religius, disiplin, mandiri, jujur, dan sopan santun yang diinternalisasikan melalui kegiatan-kegiatan yang diwajibkan bagi santri sehari-hari, seperti sholat berjamaah, membaca Al-Quran, dan melaksanakan tata tertib di pondok pesantren Al-Itqon dengan membiasakan santri taat asas, kemudian internalisasi datang dari keteladanan Kiai dan pengurus, santri diharapkan dapat mencontoh kepribadian dari pengasuh dan pengajarnya untuk membentuk dan menguatkan nilai-nilai karakter yang dimiliki, seperti religius, disiplin, mandiri, jujur, dan sopan santun, selain itu pelaksanaan pendidikan karakter dipengaruhi oleh faktor pendukung, yaitu motivasi santri dan lingkungan di dalam pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2012 10:44
Last Modified: 25 Aug 2012 10:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14211

Actions (login required)

View Item View Item