Peningkatan Minat Belajar Siswa Terhadap Kompetensi Menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan Kelas VI SDN 02 Banjarmulya dengan Pembelajaran MEQIP Model 2


Sarmadi, 1404908026 (2011) Peningkatan Minat Belajar Siswa Terhadap Kompetensi Menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan Kelas VI SDN 02 Banjarmulya dengan Pembelajaran MEQIP Model 2. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Minat Belajar Siswa Terhadap Kompetensi Menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan Kelas VI SDN 02 Banjarmulya dengan Pembelajaran MEQIP Model 2] Microsoft Word (Peningkatan Minat Belajar Siswa Terhadap Kompetensi Menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan Kelas VI SDN 02 Banjarmulya dengan Pembelajaran MEQIP Model 2) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang kurang diminati oleh sebagian siswa karena dianggap sulit dan membosankan. Berdasarkan pengalaman peneliti minat belajar terhadap matematika di SDN 02 Banjamulya sangat rendah. Siswa merasa kurang menyukai pelajaran matematika karena selain dianggap sulit dan membosankan juga proses pembelajaran kurang menyenangkan. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah perubahan minat belajar dalam pembelajaran matematika setelah diterapkannya pembelajaran MEQIP model 2. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran MEQIP model 2 untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VI SD Negeri 02 Banjarmulya pada kompetensi dasar ”menyederhanakan dan mengurutkan pecahan”dan mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa kelas VI SD Negeri 02 Banjarmulya pada kompetensi dasar ”menyederhanakan dan mengurutkan pecahan. Metode yang digunakan adalah tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus pada siswa kelas VI SD Ngeri 02 Banjarmulya semester 2 tahun pelajaran 2010/2011. Tiap siklus terdiri dari dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan pembelajaran MEQIP model 2 dapat meningkatkan minat belajar siswa. Minat siswa pada pra siklus 50,50 menjadi 73,25 pada siklus I atau sebesar 22,75 poin. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 14,61 poin dari siklus I menjadi 87,86. Peningkatan yang terjadi dari sebelum penelitian sampai siklus II atau selesainya penelitian adalah 37,36 poin. Hasil belajar siswa 50,50 pada pra siklus meningkat sebesar 11,78 menjadi 69,88 pada siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan 15,12 pada siklus II menjadi 85. Peningkatan yang terjadi dari sebelum penelitian sampai selesainya penelitian adalah 26,9 poin dari kategori kurang menjadi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran MEQIP model 2 yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, menggunakan alat peraga, dan mengutamakan aktivitas siswa dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa. Saran kepada siswa agar selalu meningkatkan motivasi belajar matematika bagi diri sendiri. Saran bagi guru agar menggunakan pembelajaran MEQIP model 2 khususnya dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar, kualitas pembelajaran, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Minat Belajar, Pembelajaran MEQIP Model 2
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 08:30
Last Modified: 24 Aug 2012 08:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14210

Actions (login required)

View Item View Item