Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Penggunaan Media Manik-Manik Pada Kelas IV SD Negeri 03 Karanganyar Bantarbolang Pemalang


SUTIKNO, 1404908014 (2011) Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Penggunaan Media Manik-Manik Pada Kelas IV SD Negeri 03 Karanganyar Bantarbolang Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Penggunaan Media Manik-Manik Pada Kelas IV SD Negeri 03 Karanganyar Bantarbolang Pemalang] Microsoft Word (Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Penggunaan Media Manik-Manik Pada Kelas IV SD Negeri 03 Karanganyar Bantarbolang Pemalang) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat siswa kelas IV SD Negeri 03 Karanganyar Banarbolang Pemalang dalam pembelajaran Matematika dan hasil belajar siswa yang belum optimal. Pembelajaran masih menggunakan pendekatan konvensional yaitu menggunakan metode ceramah, sehingga pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Sebagai pemecahannya digunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran agar minat belajar, aktivitas siswa, aktivitas guru, serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika meningkat. Penelitian bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, (2) meningkatkan pemahaman dan kebermaknaan belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Karanganyar Bantarbolang Pemalang. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Karanganyar Bantarbolang Pemalang sebanyak 24 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, kuesioner, dan catatan lapangan. Sedangkan teknis analisis data menggunakan teknis analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pejumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam pembelajaran Matematika pada kelas IV SD Negei 03 Karanganyar Bantarbolang Pemalang. Hal tersebut dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dari siklus I mendapat skor rata-rata 59,04 dengan kriteria cukup dan siklus II mendapat skor rata-rata 86,67 dengan kriteria baik. Akivitas dalam pembelajaran peningkatan begitu pula hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika mengalami peningkatan. Pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas siswa, pemahaman dan kebermaknaan belajar siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negei 03 Karanganyar Bantarbolang Pemalang dalam pembelajaran Matematika, maka disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran pada mata pelajaran lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika, pendekatan konteksual, konsep penjumlahan bilangan bulat.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 08:10
Last Modified: 24 Aug 2012 08:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14205

Actions (login required)

View Item View Item