Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflecty, Recite, Review) di SDN 02 Kesesirejo Bodeh Pemalang. Penelitian Tindakan Kelas


Dwi Styawati, , 1404908013 (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflecty, Recite, Review) di SDN 02 Kesesirejo Bodeh Pemalang. Penelitian Tindakan Kelas. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflecty, Recite, Review) di SDN 02 Kesesirejo Bodeh Pemalang. Penelitian Tindakan Kelas] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflecty, Recite, Review) di SDN 02 Kesesirejo Bodeh Pemalang. Penelitian Tindakan Kelas) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Masalah penelitian tindakan kelas ini adalah kurangnya keterampilan membaca pada pelajaran bahasa Indonesia. Siswa mengalami kesulitan dalam keterampilan membaca sehingga dalam pembelajaran membaca hasil yang dicapai tidak optimal. Cara pemecahan masalah yang akan dilaksanakan adalah penerapan metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflecty, Recite, Review). Metode pembelajaran PQ4R merupakan metode yang digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran membaca dengan menggunakan metode pembelajaran PQ4R di SDN 02 Kesesirejo Bodeh Pemalang. (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca dengan menggunakan metode pembelajaran PQ4R di SDN 02 Kesesirejo Bodeh Pemalang. (3) meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran membaca dengan menggunakan metode pembelajaran PQ4R di SDN 02 Kesesirejo Bodeh Pemalang. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN 02 Kesesirejo Bodeh, Pemalang yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Pada pra siklus nilai rata-rata klasikal 55, siklus I nilai rata-rata klasikal 70,33 dan pada siklus II nilai rata-rata klasikal 77,3. Sedangkan untuk ketuntasan belajar pada pra siklus 20%, siklus I 66,67% dan pada siklus II 93,3%. Aktivitas siswa pada pra siklus 9,9 dengan kategori cukup, siklus I 15,3 dengan kategori baik dan pada siklus II 20,9 dengan kategori amat baik. Peneliti menyarankan agar penggunaan PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Maka metode tersebut bisa digunakan sebagai acuan untuk pelaksanaan pembelajaran yang lainnya. Alangkah baiknya guru melaksanakan refleksi diri tentang kelemahan dalam pembelajaran yang dilaksanakan. Dengan menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan akan bertampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, metode pembelajaran, aktivitas siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 08:08
Last Modified: 24 Aug 2012 08:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14204

Actions (login required)

View Item View Item