Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Peta Lingkungan Kabupaten Setempat Melalui Penggunaan Media Peta Buta Kabupaten Pemalang Pada Kelas IV SD Negeri 01 Suru, E-TA

MUHAMMAD,MAAFI,, 1404908007 (2011) Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Peta Lingkungan Kabupaten Setempat Melalui Penggunaan Media Peta Buta Kabupaten Pemalang Pada Kelas IV SD Negeri 01 Suru, E-TA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang rendahnya kemampuan siswa pada mata pelajaran IPS khusunya dalam membaca peta lingkungan kabupaten setempat. Hal ini terjadi karena pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran IPS masih konvensional yaitu masih menggunakan metode ceramah yang monoton dan membosankan sehingga berdampak buruk pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam membaca peta lingkungan kabupaten setempat yang meliputi 1) aktivitas siswa dalam pembelajaran, 2) kreativias guru, dan 3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada kemampuan membaca peta lingkungan kabupaten setempat. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan pada siswa kelas IV dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, obesrvasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data adalah obervasi, angket dan dokumen evaluasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan menggunakan media peta buta Kabupaten Pemalang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca peta lingkungan kabupaten setempat. Seacara individu maupun kelompok siswa mampu membaca dengan baik peta lingkungan kabupaten setempat dan dapat mengimplementasikannya dalam kegiatan tanya jawab, demonstrasi, tugas dan evaluasi. Aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran yang berlangsung juga meningkat dengan baik pada siklus I dan siklus II. Hal ini dapat dilihat pada data aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran siklus I dengan skor 3,4 dalam skala 1 -5 yang masuk katagori baik dan pada siklus II memperoleh skor 4,6 dan masuk dalam katagori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rerata pra siklus 54,48 menjadi 68,62 pada siklus I dan rerata hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 80,69 pada siklus II. Dengan melihat data kualitas pembelajaran dan prestasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada membaca peta lingkungan kabupaten setempat, peta buta Kabupaten Pemalang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca peta lingkungan kabupaten setempat dengan tingkat keberhasilan yang sangat signifikan tersebut, maka peta buta dapat pula digunakan pada kompetensi lanjutan pada mata pelajaran IPS dalam tema atau pokok bahasan kompetensi dasar yang berhubungan dengan penggunaan peta.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca peta, IPS, media peta buta
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 04:01
Last Modified: 24 Aug 2012 04:01

Actions (login required)

View Item