Efektivitas Penggunaan LKS Word Square yang dikombinasi Gambar Objek dalam Pembelajaran Materi Klasifikasi Tumbuhan Di SMP 2 Brebes


Dian Tri Utami, 4401405049 (2009) Efektivitas Penggunaan LKS Word Square yang dikombinasi Gambar Objek dalam Pembelajaran Materi Klasifikasi Tumbuhan Di SMP 2 Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan LKS Word Square yang dikombinasi Gambar Objek dalam Pembelajaran Materi Klasifikasi Tumbuhan Di SMP 2 Brebes]
Preview
PDF (Efektivitas Penggunaan LKS Word Square yang dikombinasi Gambar Objek dalam Pembelajaran Materi Klasifikasi Tumbuhan Di SMP 2 Brebes) - Published Version
Download (653kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran klasifikasi tumbuhan di kelas VII SMP Negeri 2 Brebes biasanya dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi padahal materi ini merupakan materi yang sulit dipahami dan diingat siswa karena banyaknya hafalan dan nama-nama ilmiah sehingga hasil belajar siswa masih belum memenuhi KKM (< 67). Objek tumbuhan yang dipelajari tidak semua dapat di bawa ke dalam kelas, dan siswa tidak selalu dapat di bawa ke tempat objek tumbuhan. Oleh karena itu pembelajaran menggunakan media yang dapat mengatasi hal tersebut sangat diperlukan. Penggunaan LKS Word Square yang dikombinasi gambar objek merupakan model pembelajaran yang bersifat praktis dan menarik, namun belum banyak digunakan di sekolah. Kombinasi gambar objek membuat pemahaman siswa menjadi nyata. Penggunaan media ini diharapkan mampu membantu siswa memahami materi-materi klasifikasi tumbuhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan LKS Word Square yang dikombinasi gambar objek dalam pembelajaran materi klasifikasi tumbuhan di SMP 2 Brebes. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 2 Brebes pada semester 2 tahun ajaran 2008/2009. Rancangan penelitian yang digunakan adalah control group pre-testpost- test. Pelaksanaan pembelajaran pada kelas eksperiman dilakukan dalam 4 kali petemuan, pertemuan 1 dan 2 menggunakan pembelajaran ceramah dibantu media gambar objek, sedangkan pertemuan 3 dan 4 dilakukan dengan metode diskusi dan presentasi. Hasil penelitian menujukkan 87,80% hasil belajar siswa mencapai KKM (≥ 67). Pada pertemuan I keaktifan siswa secara klasikal mencapai 82,93%, pertemuan II mencapai 85,37%, pertemuan III mencapai 90,24%, dan pertemuan IV mencapai 87,80%. Kriteria keaktifan siswa pada keempat pertemuan tergolong sangat aktif. Pada pertemuan I hasil analisis kinerja guru mencapai 83,33%, pertemuan II mencapai 83,33%, pertemuan III mencapai 91,67% dan pertemuan IV mencapai 91,67%. Kriteria kinerja guru pada keempat pertemuan tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKS Word Square yang dikombinasi gambar objek efektif diterapkan pada materi klasifikasi tumbuhan di SMP 2 Brebes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, LKS Word Square, gambar objek, klasifikasi tumbuhan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2011 02:26
Last Modified: 25 Apr 2015 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item