Penerapan Pendekatan Terpadu untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Mangkangkulon 03, Semarang

Hajar Ristianni, , 1402908189 (2011) Penerapan Pendekatan Terpadu untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Mangkangkulon 03, Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan siswa SD Negeri Mangkangkulon 03 Semarang dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi membuat laporan hasil kunjungan, ditunjukkan dengan data hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata di bawah KKM sebesar 45%. Siswa kurang aktif, guru masih menggunakan sistem mengajar konvensional yang bersifat guru sentris, dan tidak menggunakan media pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan terpadu dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan terpadu di kelas V SDN Mangkangkulon 03? 2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan terpadu? dan 3) Bagaimanakah hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan terpadu? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan terpadu, 2) Mendeskripsikan aktivitas siswa menggunakan pendekatan terpadu, 3) Mendeskripsikan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V dengan penerapan pendekatan terpadu. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yaitu metode observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif (1) kuantitatif dan (2) kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi keterampilan guru mengalami peningkatan di setiap siklus. Pada siklus I diketahui rerata hasil observasi keterampilan guru sebesar 70% dan pada siklus II naik menjadi 91,66%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan persentase dari siklus I hingga ke siklus II. Pada siklus I rerata hasil aktivitas siswa sebesar 78% dan siklus II sebesar 91%. Demikian halnya dengan peningkatan perolehan skor hasil belajar. Pada siklus I rerata hasil menulis laporan hasil kunjungan sebesar 62,93, dan pada siklus II rerata hasil menulis laporan hasil kunjungan sebesar 74,31. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan terpadu dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Mangkangkulon 03. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai masukan atau bahan pertimbangan bagi guru untuk mengembangkan penggunaan pendekatan terpadu pada mata pelajaran bahasa Indonesia maupun pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Terpadu, Bahasa Indonesia, dan Sekolah Dasar (SD)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 03:56
Last Modified: 24 Aug 2012 03:56

Actions (login required)

View Item