Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar


Endang Sri Wahyuni, 1402907218 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan siswa kelas V SD Banyumanik 02 dalam membuat karangan narasi, siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menulis karangan narasi, guru belum terampil melaksanakan kegiatan pembelajaran menulis karangan narasi, dan ketiadaan media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Oleh karena itu , diadakanlah PTK untuk mengatasai masalah yang dihadapi tersebut. Adapun cara yang digunakan adalah dengan menggunakan media gambar berseri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah penggunaan model pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi; 2) Apakah penggunaan model pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan media gambar berseri dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi; 3) Bagaimanakah keterampilan pengelolaan pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar berseri yang dilakukan oleh guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas V SD Banyumanik 02 dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar berseri; 2) Untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas V SD Banyumanik 02 dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar berseri.3)Untuk mengetahui keterampilan pengelolaan pembelajaran menulis narasi di kelas V menggunakan media gambar berseri yang dilakukan oleh guru. Prosedur penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata keterampilan menulis narasi dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil tes menulis karangan narasi memperoleh nilai rata-rata 67,02 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 80,65. Demikian halnya dengan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I rata-rata 61,91% sedangkan pada siklus II mencapai 89,63%. Selain itu, keterampilan pengelolaan pembelajaran oleh guru juga meningkat yaitu 72,37% pada siklus I menjadi 92,77%.Artinya, penggunaan media gambar berseri mampu meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri Banyumanik 02, meningkatkan keaktivan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan meningkatkan keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran menulis narasi. Disarankan dapat dimanfaatkan sebagai masukan atau bahan pertimbangan bagi guru karena media gambar berseri tersebut dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis narasi, gambar berseri, aktivitas siswa, keterampilan guru.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 07:35
Last Modified: 24 Aug 2012 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14196

Actions (login required)

View Item View Item