Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas 3 SDN Wonosari 03 Kota Semarang


Suratmi., 1402907215 (2012) Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas 3 SDN Wonosari 03 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas 3 SDN Wonosari 03 Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas 3 SDN Wonosari 03 Kota Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Latar belakang penelitian awal kemampuan berbicara pada siswa kelas 3 SDN Wonosari 03 Semarang, menggunakan pendekatan konvensional dengan kegiatan guru bercerita di depan kelas dan siswa mendengarkan. Pada penelitian ada sebagian siswa tidak memperhatikan atau berbicara dengan teman sebangku. Akibatnya ketika diberikan tugas menceritakan kembali secara bergantian kelas menjadi gaduh, kegiatan bercerita tidak lancar dan anak kesulitan untuk mengungkapkan kembali cerita yang didengarnya sehingga hasil belajar yang dicapai rendah. Untuk mengatasinya peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apakah pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran berbicara? (2) Apakah pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran berbicara? (3) Apakah pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan berbicara? Penelitian dilakukan di SDN Wonosari 03 Semarang pada kelas 3 dengan jumlah siswa 35 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi pada setiap siklus. Variabel yang diamati berupa aktivitas siswa, keterampilan guru dan kemampuan berbicara siswa. Hasil penelitian pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berbicara. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada pra penelitian tingkat ketuntasan 15 siswa atau 42,8% naik menjadi 22 siswa atau 67% pada siklus I, 27 siswa atau 82% pada siklus II serta 31 siswa atau 97% pada siklus III. Peningkatan juga terlihat pada aktivitas siswa dimana pada siklus I sebanyak 18 siswa atau 55%, 33 siswa atau 100% pada siklus II serta 32 siswa atau 100% pada siklus III. Pada pengamatan keterampilan guru peningkatan nilai dari 81,81% pada siklus I, 93,18% pada siklus II dan 95,45% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam aspek kemampuan berbicara siswa kelas 3 SDN Wonosari 03 Semarang melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah agar guru menggunakan Pendekatan Kontekstual untuk mengembangkan pembelajaran berbicara di kelas rendah Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Pendekatan Kontekstual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 14:32
Last Modified: 24 Aug 2012 14:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14195

Actions (login required)

View Item View Item