Peningkatan Kualitas Pembelajarann IPA Tentang Perpindahan Panas Melalui Strategi Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SDN Petompon 02 Semarang

Yuli, Wisnu.Setianingsih,, 1402907106 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajarann IPA Tentang Perpindahan Panas Melalui Strategi Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SDN Petompon 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) erat dengan fenomena alam, sehingga hakikat IPA sebagai sain merupakan suatu produk, suatu proses, suatu sikap, dan suatu teknologi dalam rangkaian proses pembelajaran . Pembelajaran IPA diharapkan menjadikan peserta didik yang bertakwa kepada Sang Pencipta Alam Semesta, bertanggungjawab, disiplin, berkepribadian teguh dan mandiri serta mampu menerapkan pengembangan lebih lanjut dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian tindakan kelas ini merumuskan masalah tentang apakah melalui strategi inkuiri dapat meningkatkkan kualitas pembelajaran IPA. Berdasarkan rumusan masalah maka pemecahan masalah dalam pembelajaran IPA tentang perpindahan panas dapat diatasi dengan menggunakan strategi inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Petompon 02 Semarang. Obyek penelitian yang digunakan siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 10 putra dan 13 putri. Penelitian berlangsung selama tiga siklus. Pengumpulan data dengan cara teknik tes, untuk menjaga validitas hasil penelitian data yang terkumpul dianalisis dengan metode pengolahan data secara analisis deskriptif komparatif hasil silkus I, siklus II, dan siklus III serta penemuan yang diperoleh selama proses penelitian kemudian didiskusikan bersama teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata prestasi belajar meningkat dari nilai 66 (Siklus I), menjadi 75 (Siklus II), dan menjadi 86 (Siklus III). Rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 69% (Siklus I), menjadi 81% (Siklus II), dan menjadi 88% (Siklus III). Rata-rata aktivitas guru meningkat dari 70 (Siklus I), menjadi 83 (Siklus II), dan menjadi 90 (Siklus III). Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui strategi inkuiri dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dengan rnempersiapkan media pembelajaran yang digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi siswa Sekolah Dasar lebih menjadi aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan adalah strategi inkuiri sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran IPA di kelas. Karena proses pembelajaran akan lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Jadi, peneliti dapat melakukan tindakan lanjut untuk mengembangkan proses belajar IPA agar meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajarann IPA, Strategi Inkuiri.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 03:24
Last Modified: 24 Aug 2012 03:24

Actions (login required)

View Item