Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IV SDN Bringin 02.


Rosyidah Yasar, , 1402408308 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IV SDN Bringin 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IV SDN Bringin 02. ] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IV SDN Bringin 02. ) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada kelas IV SDN Bringin 02 dalam pelaksanaan pembelajaran IPA, didapatkan fakta bahwa guru belum menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan belum melibatkan siswa, sehingga siswa kurang aktif, antusias, dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran serta jarang bertanya. Pemanfatan media juga belum maksimal dan bervariasi. Dari 41 siswa, 23 siswa (56,1%) mendapat nilai di bawah KKM yaitu 60. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan media audio visual dapat meningkatkan (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Bringin 02?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA meliputi (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar siswa kelas IV SDN Bringin 02. Subyek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Bringin 02. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus, langkahnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan datamenggunakan teknik tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi keterampilan guru dan aktivitas siswa, soal evaluasi, dan lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan skor keterampilan guru siklus I adalah 24 dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh skor 31 dengan kategori baik, dan pada siklus III memperoleh skor 36 dengan kategori sangat baik. Sedangkan rata-rata skor aktivitas siswa siklus I adalah 14,8 dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh 18,5 dengan kategori baik, dan memperoleh 20,8 dengan kategori sangat baik pada siklus III. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 65,8%. Pada siklus II memperoleh 78,95% dan memperoleh 89,5% pada siklus III. Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bringin 02 dalam pembelajaran IPA. Saran yang diberikan adalah model pembelajaran TAI dengan media audio visual bisa digunakan sebagai acuan pembelajaran pada mata pelajaran yang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, model TAI, media pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 07:20
Last Modified: 24 Aug 2012 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14192

Actions (login required)

View Item View Item