Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Role Playing dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas III SD Negeri Petompon 01 Semarang

Ferdausy.Priharini,, 1402408292 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Role Playing dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas III SD Negeri Petompon 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

IPS adalah bidang studi yang mempelajari dan menelaah serta menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat ditinjau dari berbagai apsek kehidupan secara terpadu. Hasil belajar kelas III SD Negeri Petompon 01 yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 9 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki yang telah mengikuti ulangan harian IPS, diperoleh data sebanyak 10 siswa (41,67%) mampu menguasai materi berdasarkan ketuntasan yang disepakati dengan KKM 65 dan 14 siswa (58,33%) mendapatkan nilai di bawah 65 (KKM). Penyebab permasalahan tersebut yaitu cara mengajar guru yang belum menggunakan media dan model yang inovatif, sehingga berpengaruh pada aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penerapan model role playing dan media video pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model role playing dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada siswa kelas III SD Negeri Petompon 01 Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kelas III SD Negeri Petompon 01 Semarang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas III SD Negeri Petompon 01 Semarang. Peneltian Tindakan Kelas ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel penelitian ini meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, keterampilan guru memperoleh skor 21 (kriteria cukup), aktivitas siswa dengan rata-rata skor yaitu 18,125 (kriteria cukup), dan hasil belajar yaitu sebesar 66,67% . Pada siklus II keterampilan guru memoeroleh skor 26 (kriteria baik), aktivitas siswa yaitu 22,54 (kriteria baik), dan hasil belajar yaitu sebesar 70,83%. Pada siklus III keterampilan guru memperoleh skor 34 (kriteria sangat baik), aktivitas siswa yaitu 26,2 (kriteria baik), dan hasil belajar yaitu sebesar 87,5%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut, maka pembelajaran IPS melalui model role playing dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran yang peneliti berikan adalah model role playing dengan media video pembelajaran dapat diterapkan untuk meningkatakan kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Model Role playing, Media Video Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 03:17
Last Modified: 24 Aug 2012 03:17

Actions (login required)

View Item