Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Masyarakat Multikultural Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 01 Salem Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011


Anggun Lesmana, 3501407074 (2011) Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Masyarakat Multikultural Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 01 Salem Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Masyarakat Multikultural Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 01 Salem Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011] Microsoft Word (Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Masyarakat Multikultural Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 01 Salem Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011) - Published Version
Download (36kB)

Abstract

Metode pembelajaran bermain peran (Role Playing) merupakan salah satu metode pembelajaran inovatif dan kreatif dalam usaha untuk memecahkan masalah melalui peragaan, serta langkah-langkah identifikasi masalah, analisis, pemeranan, dan diskusi. Selama pembelajaran berlangsung, setiap pemeran dapat melatih sikap empati, simpati, rasa benci, marah, senang, dan peran-peran lainnya. Metode pembelajaran ini memberi kesempatan kepada siswa untuk dapat terlibat aktif secara langsung dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa siswa kelas XI IPS umumnya dan khususnya kelas XI IPS 3 SMA Negeri 01 Salem masih cenderung pasif dalam pembelajaran sosiologi, hal ini ditunjukan dengan kurangnya frekuensi tanya jawab, kurangnya keberanian siswa untuk dapat terlibat aktif secara langsung dalam usaha memahami materi pokok yang diajarkan, serta pemilihan metode pembelajaran oleh guru yang terkesan membosankan yaitu dengan metode ceramah, mengisi LKS, ulangan lisan, dan ulangan harian tertulis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode pembelajaran Role Playing pada materi pokok masyarakat multikultural mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS 3 SMA N 01 Salem?, 2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran Role Playing pada materi pokok masyarakat multikultural mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS 3 SMA N 01 Salem?, 3) Bagaimana efektivitas penerapan metode pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok masyarakat multikultural mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS 3 SMA N 01 Salem?, Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode pembelajaran Role Playing pada materi pokok masyarakat multikultural mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS 3 SMA N 01 Salem, 2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran Role Playing pada materi pokok masyarakat multikultural mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS 3 SMA N 01 Salem, 3) Mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok masyarakat multikultural mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS 3 SMA N 01 Salem. Populasi penelitian bersifat homogen, maka yang dianalisis salah satu. Sehingga populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 01 Salem yaitu 42 siswa, 25 siswa putra dan 17 siswa putri. Sampel penelitian diambil secara keseluruhan (tidak diambil secara random sampling) sehingga merupakan penelitian populasi. Ada dua variabel yaitu variabel bebas yaitu metode pembelajaran bermain peran (Role Playing) dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik One-Group Pretest-Posttest Desigen. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) data sebelum pembelajaran (pretest), dari 42 siswa kelas eksperimen mempunyai rata-rata kemampuan awal secara keseluruhan adalah 61,38 dengan total nilai 2578. Persentase siswa tuntas 11,90 % dan persentase siswa tidak tuntas 88,10 %. 2) data hasil belajar siswa setelah pembelajaran (posttest), setelah diterapkannya metode pembelajaran dengan bermain peran, rata-rata nilai siswa 63,93 dari total nilai 2685. Persentase 21,42% siswa tuntas dan 78,58% siswa tidak tuntas. 3) Metode pembelajaran bermain peran sangat efektif diterapkan pada materi pokok masyarakat multikultural di kelas XI IPS 3 SMA N 01 Salem dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa setelah dan sebelum penerapan metode pembelajaran mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah pembelajaran dengan bermain peran. Jadi, dengan meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa setelah pembelajaran berarti metode pembelajaran bermain peran (Role Playing) sangat efektif apabila diterapkan pada materi pokok masyarakat multikultural. Akan tetapi, jika dicermati lebih lanjut peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pretest-posttest tidak begitu signifikan melebihi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Sejalan dengan itu, hal tersebut di indikasikan karena metode pembelajaran bermain peran ini pertama kali diterapkan di SMA N 01 Salem. Saran dalam penelitian ini yaitu 1) Guru handaknya dapat mengaplikasikan variasi dalam pemilihan metode pembelajaran supaya pembelajaran tidak membosankan. 2) Guru dapat membuat variasi metode pembelajaran bermain peran dengan metode pembelajaran lainnya sehingga diperoleh metode pembelajaran yang lebih sesuai dengan karakteristik materi pokok siswa. 3) Penerapan metode pembelajaran dengan bermain peran perlu dikembangkan pada materi pokok lain yang sekiranya mempunyai permasalahan yang sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran, Metode Bermain Peran (Role Playing)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2012 03:32
Last Modified: 24 Aug 2012 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14162

Actions (login required)

View Item View Item