Pembelajaran life skill sawing dan etsa monel Dalam Meningkatkan kreatifitas berkarya pada siswa di SMA Islam Sultan Agung 2 Kriyan Kalinyamatan Jepara


Nurul Fitriyah, 3501407014 (2011) Pembelajaran life skill sawing dan etsa monel Dalam Meningkatkan kreatifitas berkarya pada siswa di SMA Islam Sultan Agung 2 Kriyan Kalinyamatan Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran life skill sawing dan etsa monel Dalam Meningkatkan kreatifitas berkarya pada siswa di SMA Islam Sultan Agung 2 Kriyan Kalinyamatan Jepara] Microsoft Word (Pembelajaran life skill sawing dan etsa monel Dalam Meningkatkan kreatifitas berkarya pada siswa di SMA Islam Sultan Agung 2 Kriyan Kalinyamatan Jepara) - Published Version
Download (37kB)

Abstract

Pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan belajar, menghilangkan kebiasaan dan pola pikir yang tidak tepat. Menyadari dan mensyukuri potensi diri untuk dikembangkan dan diamalkan. Berani menghadapi problema kehidupan, dan memecahkan masalah. Bertolak dari hal tersebut perlu diketahui pembelajaran life skill sawing dan etsa monel dalam meningkatkan kreativitas berkarya pada siswa di SMA Islam Sultan Agung 2 Kriyan Kalinyamatan Jepara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran life skill sawing dan etsa monel? (2) Apa manfaat dari pembelajaran life skill sawing dan etsa monel? (3) Faktor apa sajakah yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan life skill sawing dan etsa monel? (4) Bagaimana kreativitas siswa setelah mengikuti pembelajaran life skill sawing dan etsa monel? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui proses pembelajaran life skill sawing dan etsa monel. (2) Mengetahui manfaat dari pembelajaran life skill sawing dan etsa monel. (3) Mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pembelajaran life skill sawing dan etsa monel. (4) Mengetahui kreativitas siswa setelah mengikuti pembelajaran life skill sawing dan etsa monel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, serta informan pendukungnya yaitu guru dan masyarakat. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses pembelajaran life skill sawing dan etsa monel di SMA Islam Sultan Agung 2 Kriyan Kalinyamatan Jepara, dilakukan dengan memberikan: (a) Ceramah, (b) Pengamatan, (c) Praktik langsung. (2) Manfaat pembelajaran life skill sawing dan etsa monel bagi para siswa SMA Islam Sultan Agung 2 Kriyan Kalinyamatan Jepara adalah untuk membekali diri dan usaha mengurangi masalah pengangguran. Dalam pemilihan ketrampilan yang akan dipelajari didasarkan pada kebutuhan pasar, diharap dapat memberikan manfaat pisitif bagi siswa. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan life skill sawing dan etsa monel di SMA Islam Sultan Agung 2 Kriyan Kalinyamatan Jepara. Faktor pendukung: adanya dukungan dari warga SMA Islam Sultan Agung 2 Kriyan, adanya sarana dan prasarana di SMA Islam Sultan Agung 2 Kriyan. Faktor penghambat: siswa mengalami kesulitan dalam pemasaran, sulitnya menumbuhkan minat siswa kelas X dalam pembelajaran, buku-buku penunjang pembelajaran life skill jumlahnya terbatas. (4) Adapun kreativitas siswa setelah mengikuti pembelajaran life skill sawing dan etsa monel di SMA Islam Sultan Agung 2 Kriyan Kalinyamatan Jepara yaitu siswa lebih kreatif membuat bentuk-bentuk monel yang diinginkan dan siswa dapat memanfaatkan waktu luang untuk bekerja membuat kerajinan monel, sehingga waktunya tidak terbuang sia-sia. Saran yang dapat dikemukakan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Bagi siswa SMA Islam Sultan Agung 2 Kriyan yang kurang rajin, sebaiknya siswa tetap belajar life skill sawing dan etsa monel karena hal itu sangat bermanfaat bagi siswa sebagai bekal kecakapan setelah lulus sekolah untuk bekal hidup di masyarakat. (2) Bagi guru SMA Islam Sultan Agung 2 Kriyan Kalinyamatan Jepara, khususnya guru mta pelajaran ketrampilan monel di SMA Islam Sultan Agung 2 Kriyan Kalinyamatan Jepara disarankan tidak hanya memberikan teori dan praktik membuat monel tetapi juga diajarkan bagaimana cara memasarkan hasil karyanya itu, karena penting bagi siswa belajar pemasaran untuk diterapkan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran life skill, sawing dan etsa monel, kreatifitas siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2012 03:06
Last Modified: 24 Aug 2012 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14156

Actions (login required)

View Item View Item