Need For Achievement Pada Siswa Berprestasi Akademik Di Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Semarang)


Ali Sutrisno, 3501407005 (2011) Need For Achievement Pada Siswa Berprestasi Akademik Di Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Need For Achievement Pada Siswa Berprestasi Akademik Di Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Semarang)] Microsoft Word (Need For Achievement Pada Siswa Berprestasi Akademik Di Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Semarang)) - Published Version
Download (38kB)

Abstract

Setiap siswa mempunyai keinginan untuk berprestasi. Prestasi akademik bagi siswa adalah hal yang membanggakan, maka prestasi menjadi sesuatu yang harus dimiliki. Keharusan untuk mendapatkan prestasi pada setiap siswa akan menjadi awal terbentuknya kebutuhan berprestasi. Siswa yang memiliki kebutuhan berprestasi akan mempunyai motivasi belajar yang tinggi untuk meraih prestasi akademik yang membanggakan. Oleh karena itu permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) faktor-faktor apakah yang menentukan need for achievement pada siswa berprestasi akademik di SMA Negeri 3 Semarang?, (2) bagaimanakah need for achievement pada siswa berprestasi akademik di SMA Negeri 3 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui faktor-faktor yang mendukung pengembangan need for achievement pada siswa berprestasi akademik di SMA Negeri 3 Semarang, (2) mengetahui need for achievement pada siswa berprestasi akademik di SMA Negeri 3 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 3 Semarang, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa berprestasi akademik dan guru di SMA Negeri 3 Semarang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis interaktif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) faktor yang menentukan need for achievement pada siswa berprestasi akademik di SMA Negeri 3 Semarang adalah faktor intern dan ekstern siswa. Faktor intern yang menentukan n/ach pada siswa dimana siswa berperstasi akademik mempunyai minat, dan hasrat yang besar untuk meraih prestasi akademik dan mempunyai cita-cita yang tinggi untuk masa depannya. Selain itu, kondisi siswa dalam belajar belajar, mempunyai rasa optimisme, percaya diri, dan lebih bersifat individulis dalam belajar sehingga tidak jarang menjadikan temannya sebagai saingan. Faktor ekstern dalam menentukan n/ach pada siswa berprestasi akademik banyak bersumber dari teman, guru, lingkungan sekolah dan keluarga. (2) N/ach pada siswa berprestasi di SMA Negeri 3 Semarang dapat dilihat dari usaha siswa untuk meraih prestasi yaitu dengan menambah jam belajar, mengikuti les-les tambahan, kemudian kemampuan siswa yang tinggi yang diperoleh dari proses belajar, dan partisipasi siswa dalam mengikuti kompetisi, dalam belajar, serta besarnya motivasi belajar yang dimiliki siswa untuk berprestasi. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) faktor yang menentukan n/ach pada siswa berprestasi akademik di SMA Negeri 3 Semarang dapat berupa faktor intern dan faktor ekstern, akan tetapi faktor intern lebih dominan pengaruhnya dalam menentukan n/ach tersebut, (2) n/ach pada siswa berprestasi akademik di SMA Negeri 3 Semarang merupakan n/ach yang dapat dilihat melalui usaha untuk berprestasi, motivasi belajar, kemampuan akademis, partisipasi, dan penghargaan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) bagi guru, perlu memberikan nasehat-nasehat kepada para siswa sebagai bentuk motivasi, siswa juga perlu mendapatkan pujian, teguran, hukuman, serta dukungan dari guru untuk menumbuhkan motivasi berprestasi pada diri siswa, (2) bagi orang tua siswa, dukungan yang diperoleh siswa dari orang tua dapat sangat memotivasi siswa untuk melakukan suatu hal, dukungan moral, dan spiritual sangat dibutuhkan siswa untuk meraih prestasi, oleh karena itu orang tua yang mempunyai peran penting dalam peningkatan prestasi siswa seharusnya selalu mendukung dan memperhatikan hal-hal yang dilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: need for achievement, siswa berprestasi akademik, sekolah menengah atas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2012 02:45
Last Modified: 24 Aug 2012 02:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14151

Actions (login required)

View Item View Item