Upaya mengembangkan Pembelajaran Inkuiri Sosial Pada Materi Interaksi Sosial Mata Pelajaran Sosiologi Kelas Xi Di SMA Wahid Hasyim Tersono
Andri Wirawan, 3501406587 (2012) Upaya mengembangkan Pembelajaran Inkuiri Sosial Pada Materi Interaksi Sosial Mata Pelajaran Sosiologi Kelas Xi Di SMA Wahid Hasyim Tersono. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Upaya mengembangkan Pembelajaran Inkuiri Sosial Pada Materi Interaksi Sosial Mata Pelajaran Sosiologi Kelas Xi Di SMA Wahid Hasyim Tersono)
- Published Version
Download (30kB) |
Abstract
Peningkatan kualitas sumber daya manusia pada hakikatnya adalah manusia yang beriman, bertaqwa, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mandiri, bermartabat dan sejajar dengan bangsa lain di dunia. Guru memegang peranan penting terhadap keberhasilan implementasi kurikulum. Oleh karena itu peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia tidak cukup dengan pembenahan kurikulum saja, tetapi harus juga diikuti dengan peningkatan mutu guru, maka setiap guru perlu menyesuaikan diri dengan perubahan agar dapat mempertahankan kompetensinya. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah metode inkuiri. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran inkuiri di SMA Wahid Hasyim Tersono? (2) Apa saja kendala dalam pengembangan pembelajaran inkuiri sosial di SMA Wahid Hasyim Tersono? (3) Bagaimana upaya mengatasi kendala dalam pengembangan pembelajaran inkuiri di SMA Wahid Hasyim Tersono? Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini, karena pada umumnya permasalahannya belum jelas, holistik, dinamis, dan penuh makna Terkait dengan jenis penelitian tersebut, maka pendekatan penelitian bertumpu pada pendekatan fenomenologis, yakni usaha untuk memahami arti peristiwa dan kaitan-kaitannya terhadap orang-orang biasa dalam situasi tertentu. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan selama penelitian menunjukkan bahwa metode inkuiri sosial sangat menunjang dalam proses pembelajaran, dengan merangsang siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran dan siswa dapat menemukan hal-hal yang baru yang terjadi dalam interaksi sosial seperti hubungan antar siswa, siswa dengan guru atau dalam masyarakat sehingga dapat memberikan akibat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran maupun pergaulan sehari-hari, (1) Pelaksanaan pembelajaran inkuiri sosial di SMA Wahid Hasyim Tersono sangat mempengaruhi sistem pembelajaran siswa di sekolah karena siswa dapat menemukan hal-hal yang baru yang terjadi dalam interaksi sosial seperti hubungan antar siswa, siswa dengan guru atau dalam masyarakat sehingga dapat memberikan akibat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran maupun pergaulan sehari-hari. (2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran inkuiri adalah dari beberapa faktor yaitu siswa yang tidak setara SDMnya, guru yang sulit menyetarakan masalah dengan materi dan keterbatasan waktu, sarana prasarana yang kurang kondusif dalam proses pembelajaran. (3) Upaya mengembangkan pembelajaran inkuiri Sosial dari guru harus lebih meningkatkan pembelajaran dengan menerapkan strategi-strategi pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran, dari siswa harus lebih aktif dan meningkatkan kerjasama agar tercipta pembelajaran yang harmonis, semua itu juga harus didukung oleh sarana dan prasarana yang kondusif agar dapat meningkatkan pembelajaran. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu (1) Guru sebaiknya menggunakan metode inkuiri sosial agar pemahaman, dan penguasaan materi siswa lebih komprehensif baik secara kognitif, afektif, dan psikomotor, (2) Dalam penerapan suatu metode pembelajaran sebaiknya guru tetap memperhatikan alokasi waktu, kurikulum, dan karakteristik siswa agar hasil belajar dapat dicapai lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Sumber daya manusia melalui kurikulum dan Mutu Guru, Keberhasilan Pendidikan Di Sekolah, Metode Pembelajaran Inkuiri Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 24 Aug 2012 02:41 |
Last Modified: | 24 Aug 2012 02:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14148 |
Actions (login required)
View Item |