Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Audiovisual pada Siswa Kelas V SDN Pakintelan 03 Semarang
Tika Sari, , 1402408200 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Audiovisual pada Siswa Kelas V SDN Pakintelan 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Audiovisual pada Siswa Kelas V SDN Pakintelan 03 Semarang)
- Published Version
Download (12kB) |
Abstract
Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang diberikan pada siswa mulai dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar sampai dengan jenjang pendidikan Sekolah Menengah. Proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan harus memperhatikan pengembangan kemampuan dasar berpikir logis dan kritis, pengembangan komitmen dan kesadaran nilai-nilai sosial, serta pengembangan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama bagi siswa. Hasil observasi di kelas V SDN Pakintelan 03 Semarang menunjukkan bahwa pembelajaran IPS masih kurang optimal, dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah. Pembelajaran terkesan membosankan bagi siswa karena guru kurang memberikan variasi dalam kegiatan pembelajaran dan belum memanfaatkan media secara maksimal dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. Hal ini mengakibatkan siswa kurang antusias mengikuti pelajaran, siswa kurang bisa bertanggung jawab dan siswa terlihat tidak aktif. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar yang tidak mencapai ketuntasan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Role Playing dengan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Pakintelan 03 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar melalui model pembelajaran role playing dengan media audiovisual. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus masing-masing siklus satu kali pertemuan. Penelitian dilakukan di SDN Pakintelan 03 Semarang, dengan jumlah siswa 31 orang (17 laki-laki dan 14 perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 21 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 29 dengan kategori baik, siklus III memperoleh skor 33 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 18,77 degan kategori cukup, siklus II memperoleh rata-rata skor 21,72 dengan kategori baik, siklus III memperoleh rata-rata 26,95 dengan kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 54,84%, meningkat pada siklus II menjadi 74,19%, dan meningkat pada siklus III menjadi 90,32%. Simpulan dari penelitian adalah melalui penggunaan model pembelajaran role playing dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Pembelajaran role playing dengan media audiovisual dapat mengaktifkan siswa dan memberi pengalaman langsung bagi siswa. Berdasarkan simpulan, saran bagi penelitian adalah sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan sekolah perlu menyediakan fasilitas yang mendukung pembelajaran dengan model role playing.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Role Playing, Media Audiovisual |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Aug 2012 02:36 |
Last Modified: | 24 Aug 2012 02:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14145 |
Actions (login required)
View Item |