Penerapan Nilai Budaya Jawa “Rukun” Dan “Urmat” Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMP N 5 Semarang


Dian Mayasari, 3501406027 (2011) Penerapan Nilai Budaya Jawa “Rukun” Dan “Urmat” Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMP N 5 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan  Nilai  Budaya  Jawa  “Rukun” Dan “Urmat” Dalam  Proses  Belajar  Mengajar  Di  SMP N 5 Semarang] Microsoft Word (Penerapan Nilai Budaya Jawa “Rukun” Dan “Urmat” Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMP N 5 Semarang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Globalisasi yang terjadi menjadikan peluang terkikisnya kebudayaan, dan terancamnya tatanan nilai-nilai budaya maupun perubahan kebudaya. Kebudayaan Jawa sendiri merupakan seperangkat nilai, gagasan, aktifitas, dan benda-benda kebudayaan hasil karya cipta masyarakat yang dijadikan pedoman dalam bertingkahlaku, dan dijadikan milik masyarakat melalui proses belajar, maka dalam hal ini diperlukan upaya implementasi nilai budaya Jawa rukun dan urmat di sekolah sebagai medium sosialisasi dan enkulturasi budaya itu sendiri. SMP N 5 Semarang Rintisan Sekolah Bertaraf Internasioanl yang meyediakan perpaduan pembelajaran kultur lokal yaitu budaya Jawa dan pendidikan yang bertaraf Internasional, Berikut rumusan Masalah yang diambil dalam penelitian ini: 1)Bagaimanakah upaya penerapan nilai budaya rukun dan urmat dalam proses belajar mengajar di SMP N 5 Semarang?, 2).Bagaimana hambatan dalam penerapan nila budaya Jawa rukun da dan urmat dalam proses belajar mengajar di SMP N 5 Semarang?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang diperoleh merupakan hasil dari kegiatan penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah upaya sosialisasi dan enkulturasi SMP N5Semarang yaitu digunakan model sosialisasi integrated, demokratis, serta keteladanan. Penerapan sosialisasi nilai urmat dan rukun di SMP N 5 Semarang adalah melalui pola pembiasaan berinteraksi. Nilai rukun diwujudkan dalam sikap tepo seliro yaitu sikap lung tinulung, dan rembug yang diaplikasikan dalam kelompok-kelompok belajar yang sengaja dibentuk guru, sikap lung tulung muncul dari sikap tepo seliro sesama kelompok tersebut yang intinya sikap sepi ing pamrih dan rame ing gawe turut memberi dasar, sedang sikap rembug akan muncul dari upaya-upaya kelompok dalam menyatukan pendapat-pendapat yang berbeda, serta diadakannya kegiatan pembimbingan kelompok maupun bimbingan secara umu. Sedang nilai urmat diwujudkan dari pembiasaan siswa bersalaman dengan guru ketika berada di lingkungan sekolah, unggah-ungguh, dan wujud tata krama tersebut dari sikap gerak badan, demi menunjukan sikap urmat. Hambatan dalam proses sosialisasi dan enkulturasi nilai urmat terdapat pada kesulitan siswa dalam menggunakan bahasa Jawa, dan hambatan yang lain adalah kesulitan siswa luar Jawa menyesuaikan diri dengan nilai Jawa yang diterapkan, sedang proses penerapan nilai rukun tidak ditemukan hambatan. Saran akan diajukan adalah : 1). Harus ada kesadaran penuh guru maupun karyawan di semua bidang pelajaran untuk menanamkan nilai budaya Jawa rukun dan urmat di lingkungan sekolah 2). Hendaknya sekolah memperkaya pembelajaran muatan lokal dengan pembelajaran etika Jawa, seperti nilai tatat-krama, sopan, santu, maupun nilai urmat maupun nilai rukun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Nilai Budaya Jawa, rukun, urmat, Proses Belajar- Mengajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2012 01:12
Last Modified: 24 Aug 2012 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14139

Actions (login required)

View Item View Item