Peningkatan kualitas pembelajaran PKn melalui model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SDN Karangayu 01 Kota Semarang

Safarina Dyah.Kusumaningtyas,, 1402408168 (2012) Peningkatan kualitas pembelajaran PKn melalui model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SDN Karangayu 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan yang ada dalam pembelajaran PKn di SD Karangayu 01 Semarang yaitu siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan menganggap bahwa PKn adalah mata pelajaran hafalan yang sulit dipahami, selain itu kurangnya variasi dalam terlihat dengan belum adanya pembentukan kelompok dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar PKn yang rendah. Dalam penelitian ini, peneliti berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Karangayu 01 kota Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang meliputi aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Karangayu 01 melalui model pembelajaran kooperatif TPS. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan pada kelas V SDN Karangayu 01 Semarang, dengan subjek guru kelas dan siswa yang berjumlah 37 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, angket, wawancara dan dokumen dianalisis dengan cara analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh data pada siklus I aktivitas siswa mendapat skor 17,08 dengan kategori baik dan meningkat menjadi skor 18 dengan kategori baik pada siklus II sedangkan pada siklus III meningkat kembali dengan skor 21,33 dengan katagori sangat baik. Keterampilan guru meningkat dari rata-rata skor 17 dengan kategori baik pada siklus I menjadi rata-rata skor 19 dengan kategori baik pada siklus II sedangkan pada siklus III naik menjadi 23 dengan katagori sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,6 meningkat menjadi 70,27 pada siklus II dan 73,6 pada siklus III . Persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 70,3% atau 26 siswa dari 37 siswa pada siklus I menjadi 72,9% atau 27 dari 35 siswa pada siklus II, dan 89,2% atau 33 dari 37 siswa pada siklus III. Setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share di kelas, kualitas pembelajaran yang meliputi aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan pada proses pembelajaran guru harus mengenalkan dan melatih keterampilan proses dan keterampilan bekerja sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran PKn, Model Pembelajaran Think Pair Share.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 21:03
Last Modified: 23 Aug 2012 21:03

Actions (login required)

View Item