Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Profesionalisme Guru Sejarah Di SMA Negeri Kabupaten Pati


Pretty Hapsari Heny Sandra, 3101408087 (2012) Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Profesionalisme Guru Sejarah Di SMA Negeri Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Profesionalisme Guru Sejarah Di SMA Negeri Kabupaten Pati] Microsoft Word (Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Profesionalisme Guru Sejarah Di SMA Negeri Kabupaten Pati) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Guru merupakan tenaga kerja professional. Profesionalisme guru harus didukung oleh kompetensi yang harus dikuasai oleh para guru profesional. Kompetensi tersebut adalah pemilikan kemampuan akan keahliaan yang bersifat khusus, dan sertifikasi pendidik haruslah dipandang perlu sebagai persyaratan untuk menjadi guru profesional. Sertifikasi pendidik adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru dan dosen sebagai tenaga profesioanal. Secara kriteria jabatan profesionalisme seorang guru sangat memperhatikan layanan yang diberikan kepada masyarakat. Oleh sebab itu dalam rangka menjaga dan meningkatkan layanan ini secara optimal serta menjaga masyarakat agar jangan sampai dirugikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, tuntutan jabatan profesional harus sangat tinggi. Profesi kependidikan khususnya profesi keguruan mempunyai tujuan utama melayani masyarakat dalam dunia pendidikan dan meningkatkan pendidikan khususnya di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data kualitatif ialah data yang berbentuk kata-kata, bukan dalam bentuk angka. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode, yaitu wawancara, observasi atau pengamatan, dokumentasi, dan studi pustaka. Keabsahan data digunakan untuk derajat kepercayaan data dari hasil penelitian yang terdapat di lapangan. Peneliti disini menggunakan trianggulasi yaitu trianggulasi teknik, untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Hasil dari penelitian dampak sertifikasi guru terhadap profesionalisme guru sejarah dapat dilihat dari segi kinerja guru meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran yang disesuaikan pada silabus dan kurikulum KTSP serta didalam RPP terdapat kolom-kolom penilaian siswa aktif dan menggunakan setrategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Segi pengelolaan kelas guru sejarah yang bersertifikat di Kabupaten Pati, melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi untuk mengajak siswa berfikir kritis, dan menggunakan media-media terkini seperti LCD, internet, power poin, komputer, dan media gambar selain itu juga melakukan pengembangan materi dan buku ajar melalui forum MGMP. Segi evaluasi dilakukan dengan memberikan tugas individu dan kelompok dengan cara memberikan soal tes dan non tes. Siswa di SMA N Kabupaten Pati, yang diajar oleh guru sejarah bersertifikat menjadi siswa yang aktif dalam pembelajaran dan mengalami kenaikan nilai diatas rata-rata khususnya mata pelajaran. Guru sejarah yang bersertifikat menciptakan proses pembelajaran secara menarik dengan menggunakan metode yang disesuaikan dengan materi supaya pembelajaran sejarah tidak monoton dan materi dapat diterima siswa dengan baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: guru, sertifikasi, profesionalisme
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2012 01:02
Last Modified: 24 Aug 2012 01:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14135

Actions (login required)

View Item View Item