Penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas VA SDN Krapyak Kota Semarang
Galuh Tri Wahyudi, 1402408158 (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas VA SDN Krapyak Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas VA SDN Krapyak Kota Semarang)
- Published Version
Download (13kB) |
Abstract
IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Hasil observasi awal di kelas VA SDN Krapyak kota Semarang. Guru kurang variatif dalam mengajar, guru mendominasi pembelajaran, motivasi dan antusias siswa belajar IPS kurang. Hasil belajar siswa belum optimal, ditunjukkan dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebanyak 32%. Untuk memperbaiki kondisi tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi kreatif-produktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VA SDN Krapyak kota Semarang? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VA SDN Krapyak kota Semarang. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan strategi pembelajaran kreatif-produktif dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN Krapyak kota Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 18 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 26 dengan kategori sangat baik dan pada siklus III memperoleh skor 29 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 2,48 kategori cukup, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 2,81 kategori baik dan pada siklus III memperoleh rata-rata skor 3,04 kategori baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 51,6% , meningkat pada siklus II menjadi 67,7%, dan meningkat pada siklus III menjadi 76,6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Krapyak kota Semarang. Saran bagi guru agar lebih kreatif dalam pembelajaran sehingga terjadi komunikasi dua arah antara guru dan siswa,guru bisa menerapkan strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan interaksi siswa, antara lain dengan strategi pembelajaran kreatif-produktif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pembelajaran IPS, Strategi Kreatif-Produktif |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Aug 2012 01:01 |
Last Modified: | 24 Aug 2012 01:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14134 |
Actions (login required)
View Item |