Studi Komparasi Hasil Belajar Sejarah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran E-learning Dan Ceramah Bervariasi Pada Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus Tahun Ajaran 2011/2012
Wahyu Nur Hidayah, 3101408015 (2012) Studi Komparasi Hasil Belajar Sejarah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran E-learning Dan Ceramah Bervariasi Pada Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Studi Komparasi Hasil Belajar Sejarah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran E-learning Dan Ceramah Bervariasi Pada Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus Tahun Ajaran 2011/2012)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Era globalisasi saat ini telah memberikan warna dalam dunia pendidikan terutama dengan adanya perkembangan IPTEK dewasa ini, banyak dijumpai siswa-siswi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus yang sering memanfaatkan internet sebagai media maupun model pembelajaran. Siswa cenderung kurang tertarik dengan pembelajaran yang hanya membaca buku maupun membaca slide power point. Media maupun model pembelajaran yang digunakan masih kurang bervariasi yaitu masih dominan menggunakan ceramah saja dan power point, sehingga diperlukan model dan media yang lebih kreatif, inovatif dan bervariasi. Dalam penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran e.learning dan ceramah bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran E-Learning pada pelajaran sejarah. 2. Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ceramah bervariasi. 3. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajar sejarah E-Learning dan model pembelajaran ceramah bervariasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus Tahun Ajara 2011/2012 yang berjumlah 332 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dilakukan dengan cluster random sampling dan diperoleh kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran e-learning dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran ceramah bervariasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes yaitu melakukan dua tahap tes yaitu pre test dan post test. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomized pre test and post test Comparation Desaign. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji t) dua pihak post test diperoleh harga thitung (2.431) ˃ ttabel (1.66), yang berarti ada perbedaan hasil belajar sejarah dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran e-learning hasil belajarnya lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran ceramah bervariasi. Hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran e-learning nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 60, dan rata-ratanya 77.02. Hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran ceramah bervariasi nilai tertinggi 90, nilai terendah 60 dan rata-rata 72.86.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, model pembelajaran, e-learning, ceramah bervariasi |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 24 Aug 2012 00:53 |
Last Modified: | 24 Aug 2012 00:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14130 |
Actions (login required)
View Item |