Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer Kelas X Semester Genap Sma Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2011-2012
Erlina Widyaningtyas, 3201408071 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer Kelas X Semester Genap Sma Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2011-2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer Kelas X Semester Genap Sma Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2011-2012)
- Published Version
Download (31kB) |
Abstract
Proses belajar mengajar geografi di SMA N 1 Lasem umumnya masih bersifat Teacher centered learning. Guru masih menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan media yang ada, sehingga aktivitas siswa belum maksimum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran model inkuiri dalam mata pelajaran Geografi materi Hidrosfer di SMA Negeri 1 Lasem dan bagaimana hasil belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran Geografi materi Hidrosfer di SMA Negeri 1 Lasem melalui model pembelajaran inkuiri. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran model inkuiri dalam mata pelajaran Geografi materi Hidrosfer di SMA Negeri 1 Lasem dan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran Geografi materi Hidrosfer di SMA Negeri 1 Lasem melalui model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental dengan desain The One Shot Case Study. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X di SMA Negeri 1 Lasem. Sampelnya adalah kelas XD dan XG di SMA Negeri 1 Lasem Tahun Ajaran 2011/2012. Variabel bebas meliputi penerapan model pembelajaran inkuiri, variabel terikat yaitu hasil belajar siswa kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012 di SMA Negeri 1 Lasem. Sebagai data pendukung adalah hasil belajar siswa, tanggapan siswa mengenai model pembelajaran inkuiri, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan juga kinerja guru dalam mengajar di dalam kelas. Hasil penelitian pada kelas XD dan XG menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 85%, dan itu menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar. Aktifitas siswa mulai dari pertemuan pertama sampai akhir termasuk dalam kriteria sangat baik, jadi model pembelajaran inkuiri dapat diterapkan kepada siswa. Sedangkan tanggapan siswa kelas XD dan XG selama proses pembelajaran termasuk kriteria sangat baik yaitu 95% dan 92%. Kinerja guru dalam proses belajar mengajar termasuk kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka disimpulkan model pembelajaran inkuiri dapat diterapkan dan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Lasem. Sarannya adalah model pembelajaran inkuiri ini pada materi pembelajaran Geografi dapat diterapkan di SMA Negeri 1 Lasem pada mata pelajaran yang lain dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa disarankan untuk menggunakan model pembelajaran inkuiri.\
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, inkuiri, hidrosfer |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 24 Aug 2012 00:44 |
Last Modified: | 24 Aug 2012 00:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14127 |
Actions (login required)
View Item |