Faktor-faktor Penyebab Insomnia pada Mahasiswa (Penelitian Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)


Ariesta Dewi Savitri, 1550407016 (2012) Faktor-faktor Penyebab Insomnia pada Mahasiswa (Penelitian Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Faktor-faktor Penyebab Insomnia pada Mahasiswa (Penelitian Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)] Microsoft Word (Faktor-faktor Penyebab Insomnia pada Mahasiswa (Penelitian Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Fenomena mengenai faktor-faktor penyebab insomnia pada mahasiswa yang mengalami kesulitan disebabkan adanya masalah atau beban berat yang ada dalam diri mereka. Hal itu menyebabkan mahasiswa sulit untuk tidur dengan nyenyak dan kebutuhan tidur mereka menjadi kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan mahasiswa mengalami insomnia di Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subyek pada penelitian ini berjumlah 50 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Incidental sampling. Faktor-faktor penyebab insomnia diukur dengan skala insomnia. Skala efektivitas insomnia mempunyai koefisien reiabilitas 0,279. Uji analisis menggunakan teknik product moment dengan bantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukan variabel faktor-faktor penyebab insomnia tergolong sedang. Hasil tersebut ditinjau dari aspek psikologis dengan perolehan hasil terbanyak 77% atau 34 mahasiswa subyek pada kategori sedang, aspek biologis dengan perolehan hasil terbanyak 71% atau 31 subyek pada kategori sedang, aspek lingkungan dengan perolehan hasil terbanyak 77% atau 34 subyek pada kategori sedang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor penyebab banyaknya masalah yang dihadapi oleh mahasiswa sehingga mahasiswa mengalami kesulitan untuk tidur. Kesimpulan yang didapat bahwa Berbagai faktor penyebab insomnia pada mahasiswa dilihat secara umum dari beberapa faktor yaitu faktor psikologis, biologis dan lingkungan tergolong sedang. Sebagian besar faktor psikologis dan factor lingungan merupakan faktor utama penyebab insomnia pada mahasiswa di Universitas Negeri Semarang dengan kategori yang tergolong sedang sampai tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyebab Insomnia pada Mahasiswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2012 00:16
Last Modified: 24 Aug 2012 00:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item View Item