Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Multimedia Pada Siswa Kelas VA SDN Wonosari 02 Semarang
Saodah, 1402408127 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Multimedia Pada Siswa Kelas VA SDN Wonosari 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Multimedia Pada Siswa Kelas VA SDN Wonosari 02 Semarang)
- Published Version
Download (14kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, belum menggunakan variasi metode pembelajaran, serta belum menggunakan media pembelajaran secara optimal. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Siswapasif, kurang memperhatikan penjelasan guru, ramai, dan cepat bosan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63 dan masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≤ 65. Peneliti berupaya meningkatkan kualitas pembelajaranPKn melalui model pembelajaran kooperatif Tipe NHT berbasis multimedia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas VA SDN Wonosari 02 Semarang yang meliputi: (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, (3) hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis multimedia. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Wonosari 02, subjek penelitian guru dan siswa sebanyak 37 anak. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dokumentasi, catatan lapangan, wawancara dan angket, dianalisis dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I keterampilan guru mendapat skor 22 dengan kategori cukup, siklus II meningkat menjadi skor 29 dengan kategori baik dan siklus III meningkat dengan skor 34 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I mendapat rata-rata skor 20,6 dengan kategori cukup, siklus II meningkat menjadi rata-rata skor 25,6 dengan kategori baik dan siklus III meningkat lagi menjadi skor 31,1 dengan kategori sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 70,54, siklus II meningkat menjadi 74,86 dan siklus III meningkat kembali menjadi 86,76. Persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 67% pada siklus I menjadi 73% pada siklus II, dan 89% pada siklus III. Penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis multimedia di kelas VA SDN Wonosari 02 dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Disarankan guru perlu menerapkan model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran PKn, NHT multimedia |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Aug 2012 08:09 |
Last Modified: | 23 Aug 2012 08:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14111 |
Actions (login required)
View Item |