Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Think-Pair-Share dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V-B SDN Tambakaji 05 Semaran


Novi Setyasto,, 1402408124 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Think-Pair-Share dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V-B SDN Tambakaji 05 Semaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Think-Pair-Share dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V-B SDN Tambakaji 05 Semaran] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Think-Pair-Share dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V-B SDN Tambakaji 05 Semaran) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Tujuan pendidikan IPS adalah membina anak didik menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta masyarakat dan negara. Oleh karena itu guru dituntut lebih profesional. Guru tidak lagi hanya berfungsi sebagai penyampai informasi, tetapi harus bisa menjadi pembimbing siswa dalam mengembangkan pengetahuannya dan mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna dan bermutu. Berdasarkan observasi awal di SDN Tambakaji 05 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS di kelas V-B. Guru masih mendominasi pembelajaran(teacher center), partisipasi siswa rendah, siswa kesulitan dalam menghafal tokoh-tokoh atau pelaku sejarah, tempat, dan waktu kejadian sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model think-pair-share dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V-B SDN Tambakaji 05 Semarang dalam pembelajaran IPS?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V-B SDN Tambakaji 05 Semarang dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model think-pair-share dengan media video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menerapkan model think-pair-share dengan media video pembelajaran dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V-B SDN Tambakaji 05 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran think-pair-share dengan menggunakan media video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Keterampilan guru siklus I dengan skor 32 dalam kategori baik, siklus II dengan skor 37 dalam kategori sangat baik, dan siklus III dengan skor 41 dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I dengan skor 19,20 dalam kategori baik, siklus II dengan skor 21,54 dalam kategori baik, dan siklus III dengan skor 23,60 dalam kategori sangat baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I dengan persentase 68,57% (24 dari 35 siswa mencapai KKM), siklus II dengan persentase 74,29% (26 dari 35 siswa mencapai KKM), dan siklus III dengan persentase 83,33% (29 dari 35 siswa mencapai KKM). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model think-pair-share dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V-B SDN Tambakaji 05 Semarang. Saran bagi guru adalah guru dapat menggunakan model think-pair-share dengan media video pembelajaran untuk meningkatkan kuallitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS, model think-pair-share, media video pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 08:06
Last Modified: 23 Aug 2012 08:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14110

Actions (login required)

View Item View Item