Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tema Lingkungan Dengan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Kelas II SDN Ngaliyan 05 Semarang


Swastika Retno Edi, 1402408078 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tema Lingkungan Dengan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Kelas II SDN Ngaliyan 05 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tema Lingkungan Dengan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Kelas II SDN Ngaliyan 05 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tema Lingkungan Dengan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Kelas II SDN Ngaliyan 05 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pembelajaran pada kelas rendah dilaksanakan melalui pendekatan tematik. Pendekatan tematik diartikan sebagai suatu kegiatan pembelajaran dengan mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema pembahasan. Hasil observasi awal di kelas II SDN Ngaliyan 05 Semarang ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran tema lingkungan. Pelaksanaan pembelajaran tematik belum maksimal, guru kurang variatif dalam menggunakan model dan media. Pada saat pembelajaran siswa gaduh, bercanda dengan teman dan seringkali terjadi siswa menangis. Pada saat mengerjakan lembar evaluasi ada salah satu siswa yang tidak mengerjakan. Hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal mata pelajaran IPS 47,37%, Matematika 57,89 % dan Bahasa Indonesia 65,79%. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, peneliti menerapkan salah satu model pembelajaran yaitu model kooperatif tipe Talking Stick. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah melalui model kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tema lingkungan kelas II SDN Ngaliyan 05 Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tema lingkungan di kelas II SDN Ngaliyan 05 Semarang. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi,dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN Ngaliyan 05 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 21 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 29 dengan kategori baik dan siklus III memperoleh skor 32 dengan kategori sangat baik.(2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 16,45 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh rata-rata skor 2,80 dengan kategori baik dan siklus III memperoleh rata-rata skor 25,69 dengan kategori baik.(3) Persentase ketuntasan klasikal siklus I 57,14%, siklus II 66,67%, dan siklus III 85,71%. Kesimpulan penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tema lingkungan yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah dalam mengajar guru dapat menerapkan model pembelajaran yang bervariasi,diantaranya menggunakan model kooperatif tipe Talking Stick dan menggunakan media yang bervariasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, Model kooperatif tipe Talking Stick.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 07:58
Last Modified: 23 Aug 2012 07:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14107

Actions (login required)

View Item View Item