Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Berbasis CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SDN Mangkang Kulon 01
Ridwan.Setyaji, , 1402407185 (2012) Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Berbasis CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SDN Mangkang Kulon 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Berbasis CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SDN Mangkang Kulon 01)
- Published Version
Download (14kB) |
Abstract
Pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Mangkang Kulon 01, ditemukan beberapa permasalahan, yaitu guru kurang menguasai model pembelajaran yang digunakan, sehingga siswa cepat merasa bosan dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran. Selain itu, dalam menyampaikan materi kepada siswa, guru hanya berpedoman pada buku paket dan kurang menggunakan media yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Make a Match berbasis CD pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah model Cooperative Learning tipe Make a Match berbasisCD pembelajarandapat meningkatkan keterampilan guru dalam pelajaran PKn kelas IV SDN Mangkang Kulon 01?, (2) Apakah model Cooperative Learning tipe Make a Match berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pelajaran PKn kelas IV SDN Mangkanag Kulon 01?, (3) Apakah model Cooperative Learning tipe Make a Match berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar pelajaran PKn siswa kelas IV SDN Mangkang Kulon 01?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan Keterampilan guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa dalam pelajaran PKn kelas IV SDN Mangkang Kulon dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Make a Match berbasis CD pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Mangkang Kulon 01.Jumlah siswa 27 yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Make a Match berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan Keterampilan guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa dalam pelajaran PKn. Hasil keterampilan guru menunjukkan bahwa pada siklus I persentasenya adalah 65.9%, pada siklus II menjadi 79,5% dan siklus III adalah 88,6%. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65,8% meningkat menjadi 75,3% pada siklus II dan 86,1% pada siklus III. Selain itu prestasi hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 74,1% meningkat pada siklus II dengan persentase 77,8% dan meningkat lagi menjadi 88,9% pada siklus III. Nilai tersebut memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Make a Match berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa dalam pelajaran PKn.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar PKn, Model Cooperative Learning tipe Make a Match |
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Aug 2012 07:45 |
Last Modified: | 23 Aug 2012 07:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14102 |
Actions (login required)
View Item |