Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Perpindahan Panas Dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri Pengaradan 04 Kecamatan Tanjung Brebes


Tobari, 1404908055 (2011) Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Perpindahan Panas Dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri Pengaradan 04 Kecamatan Tanjung Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Perpindahan Panas Dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri Pengaradan 04 Kecamatan Tanjung Brebes ] Microsoft Word (Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Perpindahan Panas Dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri Pengaradan 04 Kecamatan Tanjung Brebes ) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat siswa kelas IV SD Negeri Pengaradan 04 Kecamatan Tanjung Brebes dalam pembelajaran IPA dan hasil belajar siswa yang belum optimal. Pembelajaran yang dilaksanakan masih menggunakan pendekatan konvensional yakni menggunakan metode ceramah, sehingga pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Sebagai pemecahannya digunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran agar minat belajar, aktivitas siswa, aktivitas guru, serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui pendekaan kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri Pengaradan 04 , (2) Meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri Pengaradan 04 Kecamatan Tanjung Brebes, (3) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri Pengaradan 04 Kecamatan Tanjung Brebes. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri Pengaradan 04 sebanyak 25 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, kuesioner, dan cacatan lapangan. Sedangkan teknis analisis data menggunakan teknis analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep perpindahan panas dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Pengaradan 04 Tanjung Brebes . Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dari siklus I mendapat skor rata-rata 84,56 dengan kriteria baik dan siklus II mendapat skor rata-rata 90,33 dengan kriteria baik. Aktivitas guru dalam pembelajaran menunjukkan skor rata-rata 27 dengan kriteria baik dan siklus II dengan skor 33 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai dari siklus I sebesar 71,17 dan siklus II sebesar 80,67. Sedangkan untuk pencapaian ketuntasan individual, siklus I sebesar 73,33% dan siklus II sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kontekstual, aktivitas siswa, aktivitas guru, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 03:41
Last Modified: 23 Aug 2012 03:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14075

Actions (login required)

View Item View Item