Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe JIGSAW Pada Siswa Kelas V SD Negeri Malahayu 03 Kecamatan Banjarharja Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011

N. Casyati , 1404908037 (2011) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe JIGSAW Pada Siswa Kelas V SD Negeri Malahayu 03 Kecamatan Banjarharja Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kondisi awal proses pembelajaran di kelas V SDN Malahayu 03 belum optimal, proses pembelajaran masih berpusat pada guru, artinya guru hanya menyampaikan materi pembelajaran dengan metode ceramah. Aktivitas siswa terhadap pembelajaran rendah, selama proses pembelajaran partisipasi siswa lebih banyak mencatat dan mendengarkan penjelasan guru. Sehingga aktivitas siswa, kinerja guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika tentang materi pecahan mengalami penurunan. Peneliti dapat merumuskan masalah sebagai berikut: Apakah dengan penerapan pendekatan kooperatif tipe JIGSAW dapat meningkatkan aktivitas siswa, kinerja guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika tentang pecahan? Upaya untuk memecahkan masalah di atas yaitu dengan menerapkan Pendekatan Kooperatif Tipe JIGSAW. Dengan penerapan Dalam pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW siswa mengalami sendiri apa yang dipelajarinya melalui pengamatan dan kerja kelompok melalui tim ahli dan tim asal. Penerapan pendekatan kooperatif tipe JIGSAW bertujuan untuk meningkatkan peran aktif dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika tentang materi pecahan. Oleh karena itu penelitian ini terfokus pada perbaikan proses belajar siswa pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN Malahayu 03 Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 30 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dua siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu : (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (acting); (3) pengamatan (observing); dan (4) refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya baik dari segi keaktifan maupun hasil belajar siswa. Data tentang keaktifan siswa dalam tim ahli pada siklus I sebesar 70,4%, dan pada siklus II meningkat menjadi 74,4%. Sedangkan Data tentang kinerja guru dalam merencanakan pembelajaran menunjukan peningkatan pada siklus I mencapai 66,9 %, sedangkan pada siklus II mencapai 82,2%. Data tentang hasil belajar siswa nilai rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 57,3 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 46,67% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 72,67 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 93,3%. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe JIGSAW dalam proses pembelajaran matematika tentang pecahan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah agar pembelajaran kontekstual dapat diterapkan pada konsep yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendekatan Kooperatif Tipe JIGSAW, Keaktifan Siswa, Kinerja Guru, Hasil Belajar, Pecahan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 Aug 2012 23:30
Last Modified: 22 Aug 2012 23:30

Actions (login required)

View Item