Pemanfaatan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Cikadu


Abdulloh, 1404908004 (2011) Pemanfaatan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Cikadu. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Cikadu] Microsoft Word (Pemanfaatan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Cikadu) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan siswa kelas V SD Negeri 03 Cikadu dalam menulis cerita yang masih rendah, siswa kurang berminat dalam pembelajaran menulis cerita atau karangan, dalam pembelajaran tidak menggunakan media, sehingga guru harus menciptakan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan media yang tepat yang dapat membuat siswa dan guru aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktifitas siswa keterampilan mengajar guru, serta peningkatan keterampilan siswa dalam menulis cerita dengan menggunakan media gambar berseri. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 03 Cikadu pada semester 2 tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknis tes menggunakan tes tulis yaitu dengan hasil kerja siswa membuat cerita. Aspek yang dinilai meliputi kesesuaian judul dengan isi, tata bahasa dan struktur penulisan, penggunaan ejaan dan tanda baca, kesesuaian isi karangan dengan gambar. Teknik non tes menggunakan angket, observasi dan dokumentasi foto kegiatan ketika proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa menulis cerita menggunakan media gambar berseri, nilai rata-rata kemampuan siswa mengalami peningkatan skor sebesar 19,7. Nilai rata-rata kelas pada tahap siklus I sebesar 67,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 74,5. Persentase aktivitas siswa pada siklus I rata-rata sebesae 60,8 dengan kriteria kurang dan pada siklus II sebesar 71,1 dengan kriteria Baik, serta kenaikan persentase aktivitas siswa sebesar 10,3. Tingkat keterampilan guru dalam pembelajaran pada siklus I memperoleh skor 21 atau 66,0% dan pada siklus II sebesar 28 atau 87,5%. Persentase keterampilan siswa kelas V dalam menulis cerita dengan memanfaatkan media gambar berseri sebesar 83,9% siswa yang sudah mencapai ketuntasan minimal 64,0 ke atas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis cerita dengan memanfaatkan media gambar berseri dapat meningkatkan aktivitas siswa, Keterapilan Guru dan keterampilan siswa menulis cerita. Sebagai saran, guru perlu meningkatkan minat siswa dalam menulis cerita dengan media yang sesuai. Kepada siswa agar aktif berlatih untuk menulis, terutama menulis cerita. Selain itu kepala sekolah sebagai pimpinan juga berusaha memfasilitasi kreativitas guru dalam pembelajaran meningkatkan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis cerita, gambar berseri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 03:22
Last Modified: 23 Aug 2012 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14071

Actions (login required)

View Item View Item