Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know, Want to Know, Learned (KWL) Siswa Kelas VA SD Negeri Petompon 01 Semarang


Novita Jiwanti Sabila, 1402408293 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know, Want to Know, Learned (KWL) Siswa Kelas VA SD Negeri Petompon 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan  Kualitas Pembelajaran Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know, Want to Know, Learned (KWL) Siswa Kelas VA SD Negeri Petompon 01 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know, Want to Know, Learned (KWL) Siswa Kelas VA SD Negeri Petompon 01 Semarang) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Data awal yang didapatkan dari observasi di kelas VA SD Negeri Petompon 01 Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan keterampilan guru dalam mengelola pembelajan membaca pemahaman kurang maksimal, aktivitas siswa dalam membaca pemahaman masih pasif, dan hasil belajar membaca pemahaman siswa dibawah KKM. Hal ini terlihat dari hasil ulangan pada mata pelajaran bahasa Indonesia aspek membaca sebanyak 19 siswa dari 36 siswa (52,7%) nilai siswa masih di bawah KKM yaitu 62. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah menggunakan strategi KWL dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VA SD Negeri Petompon 01 Semarang? (2) Apakah menggunakan strategi KWL dapat meningkatkan aktivitas siswa SD kelas VA SD Negeri Petompon 01 Semarang? (3) Apakah menggunakan strategi KWL dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman pada siswa SD kelas VA SD Negeri Petompon 01 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VA dengan strategi KWL, meningkatkan aktivitas siswa kelas VA dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan strategi KWL dan meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas VA dengan strategi KWL. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri Petompon 01 Semarang dengan jumlah siswa sebanyak 36. Sedangkan variabel dalam penelitian adalah keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman dan hasil belajar membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: 1) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi KWL meningkat sebesar 19,45%. 2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi KWL meningkat sebesar 13,5%. 3) Hasil belajar membaca pemahaman siswa menggunakan strategi KWL meningkat sebesar 16,7%. Simpulan dari penelitian ini adalah strategi Know, Want to know, Learned (KWL) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VA SD Negeri Petompon 01 Semarang. Disarankan agar guru berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi pembelajaran KWL secara efektif dan efisien supaya siswa dapat aktif dalam mengikuti pembelajaran dari guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Pemahaman dan Strategi KWL
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 03:02
Last Modified: 23 Aug 2012 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14064

Actions (login required)

View Item View Item