Implementasi Model Kooperatif Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIB SDN Karangayu 02.Semarang
Vera MN Isriyati, 1402407117 (2011) Implementasi Model Kooperatif Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIB SDN Karangayu 02.Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Implementasi Model Kooperatif Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIB SDN Karangayu 02.Semarang)
- Published Version
Download (12kB) |
Abstract
Berdasarkan observasi awal di SD Karangayu 02 Kecamatan Semarang Barat ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS di kelas VIB yaitu guru belum menggunakan model pembelajaran yang baik , guru belum menggunakan media yang menarik, sumber belajar masih minim, pembelajaran masih menggunakan metode ceramah,sehingga menyebabkan minat siswa dalam pembelajaran IPS sangat kurang dan berdampak pada rendahnya nilai IPS Di kelas Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran IPS kelas VIB SD Karangayu 02 ? (2) Apakah model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VIB SD Karangayu 02?(3) Apakah model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIB SD Karangayu 02? Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: (1) Meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran IPS melalui model kooperatif Teams Games Tournament pada siswa kelas VIB SD Karangayu 02 Kecamatan semarang Barat . (2) Meningkatkan aktivitas siswa Pada pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Teams Games Tournament pada siswa kelas VIB SD Karangayu 02 Kecamatan semarang Barat (3) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VIB SD Karangayu 02 Kec semarang Barat. Penelitian ini dilakukan dalam III siklus penelitian, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah Guru dan Siswa kelas VIB SD Karangayu 02 yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Variabel penelitian ini adalah ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Alat pengmpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor keterampilan guru pada siklus I 3,0 dengan rata-rata persentase 75% dengan kategori baik siklus II 3,15 dengan prosentase 78,8% kategori sangat baik, siklus III 3,3 dengan prosentase 82,7% kategori sangat baik .dan rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I 2,9 dengan prosentase 73,35% masuk dalam kategori baik, siklus II 3,0 dengan prosentase 75% masuk dalam kategori baik dan pada siklus III 3,2 dengan prosentase 80,34 % kategori sangat baik. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada kondisi awal yaitu sebelum dilakukan tindakan hanya 57,8%. Setelah dilakukan tindakan penelitian siklus I ketuntasan klasikal menjadi 76,3%, siklus II ketuntasan klasikal menunjukkan 84,21 siklus III ketuntasan klasikal mencapai 89,47 % Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas VIB SD Karangayu 02 Semarang . Dari hasil penelitian disarankan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dalam pembelajaran IPS serta mencoba pada mata pelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pembelajaran IPS, Kooperatif Teams Games Tournament |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Aug 2012 02:59 |
Last Modified: | 23 Aug 2012 02:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14062 |
Actions (login required)
View Item |