Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak yang Dialihtugaskan ke Sekolah Dasar di Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang.


Ika Setya.Yuniarti, 1402407074 (2011) Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak yang Dialihtugaskan ke Sekolah Dasar di Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak yang Dialihtugaskan ke Sekolah Dasar di Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang.] Microsoft Word (Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak yang Dialihtugaskan ke Sekolah Dasar di Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang.) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Peningkatan dalam mutu pendidikan tidak terlepas dari peran guru sebagai unsur utama dalam keseluruhan proses pendidikan. Guru mempunyai tugas untuk membimbing, mengarahkan dan juga menjadi teladan yang baik bagi para peserta didiknya. Setumpuk tugas serta tanggung jawab yang diemban guru menunjukkan bahwa dia mampu menghasilkan kinerja baik demi terciptanya pendidikan bermutu. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 16 tahun 2007 bahwa Setiap guru wajib memenuhi standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang berlaku secara nasional. Di Kabupaten Pemalang guru sekolah dasar berasal dari pengalihan tugas guru taman kanak-kanak yang berasal dari lulusan D2 PGTK dan SMA. Permasalahan yang dikaji dalam permasalahan ini adalah kinerja guru taman kanak-kanak yang dialihtugaskan ke sekolah dasar yang di dasarkan pada empat kompetensi dasar guru di Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kompetensi guru sekolah dasar yang berasal dari pengalihan tugaas guru taman kanak-kanak dan merumuskan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan instrumen penelitiannya yang berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan dapat diperoleh pengolahan hasil bahwa kompetensi pedagogik ke tujuh guru tersebut termasuk kategori cukup baik dengan rerata 2,4 atau 60%, untuk kompetensi kepribadian guru sudah baik, kompetensi sosial guru sudah baik yang dilengkapi penilaian administrasi dengan rerata 3,93 atau 78%, dan kompetensi profesional ke tujuh guru sudah cukup baik dengan rerata 2,78 atau 71%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru antara lain latar belakang pendidikan yang berbeda dengan lapangan pekerjaan, penguasaan materi pembelajaran, fasilitas pembelajaran. Kesimpulan yang dapat diperoleh berdasarkan pengolahan hasil penelitian yaitu guru yang dialihtugaskan ke sekolah dasar memiliki kompetensi yang cukup baik. Dimana kompetensi yang mempunyai rerata terendah yaitu kompetensi pedagogik yaitu 2,4 atau 60%, hal ini disebabkan latar belakang pendidikan yang berbeda. Sedangkan kompetensi dengan rerata tertinggi yaitu kompetensi sosial yang didukung dengan penilaian administrasi yaitu 3,98 atau 78%, hal ini disebabkan guru mampu berinteraksi dengan baik. Saran yang diberikan kepada semua pihak yaitu agar segera melakukan evaluasi kepada seluruh guru sekolah dasar yang dialihtugaskan ke sekolah dasar dan lebih meningkatkan fasilitas pembelajaran yang mendukung dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja guru, kompetensi guru.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 02:36
Last Modified: 23 Aug 2012 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14060

Actions (login required)

View Item View Item