STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MODEL THINK - PAIR - SHARE POKOK BAHASAN ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA DILIHAT HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2009/2010
Mutiara Agustina Setyawati , 3101406518 (2010) STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MODEL THINK - PAIR - SHARE POKOK BAHASAN ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA DILIHAT HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MODEL THINK - PAIR - SHARE POKOK BAHASAN ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA DILIHAT HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2009/2010)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal peneliti mengamati kegiatan pembelajaran di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang dengan model pembelajaran konvesional, dapat dilihat bahwa kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Peneliti juga mendapatkan nilai murni hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 mencapai nilai rata-rata kelas 69 dari 42 siswa dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 71,dan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 39% dan 61% tidak tuntas dengan nilai tertinggi 76 dan terendah 66. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui adanya perbedaan signifikan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation dan Think - Pair - Share. Manakah yang yang lebih baik, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation dan Think Pair Share. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pola Desain Komparasi Pre Test dan Post Test secara Random (Random Pre Test and Post Test Comparasion Group Desain). Analisis data pre test dan post test menggunakan bantuan Program SPSS 16. Hasil penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar kelas kontrol (nilai ratarata mencapai 71,29), kelas eksperimen I (nilai rata-rata mencapai 80,61) dan kelas eksperimen II (nilai rata-rata mencapai 74,21) ada perbedaan signifikan. Hasil observasi kegiatan siswa antara kelas eksperimen I dan eksperimen II berdasarkan observasi secara individu dan kelompok ada perbedaan signifikan. Hasil pengamatan kinerja guru antara kelas kontrol, kelas eksperimen I (3.00) dan kelas eksperimen II (2.83) juga ada perbedaan signifikan. Berdasarkan hasil belajar dari penelitian dapat disimpulkan: (1) ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Group Investigation dengan Think - Pair - Share pada pokok bahasan Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia dilihat dari hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2009/2010. (2) Model Group Investigation lebih baik daripada Think - Pair - Share pada pokok bahasan Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia dilihat dari Hasil Belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2009/2010. Saran dari peneliti adalah (1) Guru diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas dalam model pembelajaran, agar siswa tidak jenuh dengan satu model pembelajaran. (2) Guru hendaknya dapat membuat soal diskusi yang lebih berkaitan dengan kegiatan sehari-hari sehingga kreatifitas siswa dapat lebih ditingkatkan. (3) Guru hendaknya dapat menerapkan model Think - Pair - Share sebagai alternatif pertama dalam kegiatan pembelajaran Sejarah, baru kemudian model Group Investigation sebagai alternatif kedua.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Group Investigation, Model Think - Pair - Share, Hasil Belajar. |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 13 Apr 2011 04:08 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1406 |
Actions (login required)
View Item |