Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Dengan Mengunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture pada Kelas II SDN Pakintelan 01 Semarang


Ana Fauziyah , 1401909057 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Dengan Mengunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture pada Kelas II SDN Pakintelan 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Dengan Mengunakan  Model  Pembelajaran Kooperatif tipe  Picture and Picture pada  Kelas II SDN Pakintelan 01 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Dengan Mengunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture pada Kelas II SDN Pakintelan 01 Semarang) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas II SDN Pakintelan 01 Kota Semarang kurang optimal, karena guru dalam mengajar masih menggunakan metode caramah dan penggunaan media pembelajaran masih kurang sehingga aktivitas siswa rendah dan hasil belajar siswa juga rendah. Rumusan masalah adalah Apakah model pembelajaran koperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktifitas siswa dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas II SDN Pakintelan 01 Semarang?. Adapun pemecahan masalahnya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Pakintelan 01 Semarang dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model kooperatif tipe Picture and Pictureyang dilakukan sebanyak 3 siklus, terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN pakintelan 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada siklus I keterampilan guru dalam pembelajaran IPA diperoleh skor rata-rata 22 dengan kategori cukup. Aktivitas siswa pada pembelajaran IPAdiperoleh skor rata-rata 14,7 dengan kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pada pra siklus nilai rata-rata 33.3%. Setelah dilakukan tindakan penelitian pada siklus I nilai rata-rata 55,6%. Pada siklus II keterampilan guru meningkat menjadi skor rata-rata 30 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa meningkat menjadi skor rata-rata 23,9 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar meningkat pencapaian ketuntasan sebesar 72,2%. Pada siklus III keterampilan guru meningkat menjadi skor rata-rata 35 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa meningkat menjadi skor rata-rata 28 dengan kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar meningkat dengan pencapaian ketuntasan sebesar 83,3 %. Pada siklus III ini sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditentukan sehingga tidak dilakukan tindakan siklus berikutnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan model kooperatif tipe Picture and Picturedapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Saran bagi guru adalah dengan model kooperatif tipe Picture and Picturedapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, model kooperatif tipe Picture and Picture
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 09:21
Last Modified: 23 Aug 2012 09:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14058

Actions (login required)

View Item View Item