Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Realistik pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tambahagung 02 Pati.


Fifi Sudaryati, 1401909008 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Realistik pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tambahagung 02 Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Realistik pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tambahagung 02 Pati.] Microsoft Word (. Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Realistik pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tambahagung 02 Pati.) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Berdasarkan refleksi awal pembelajaran PKn Siswa Kelas IV SDN Tambahagung 02 mengalami permasalahan dalam proses pembelajaran yang belum optimal. Dalam pembelajaran guru masih menerapkan pembelajaran yang bersifat teacher centered daripada student centered. Sehingga mengurangi keantusiasan dan minat siswa mengikuti pembelajaran. Siswa masih belajar secara individu, sehingga hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah melalui CTL berbasis realistik dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn? 2) Apakah melalui CTL berbasis realistik dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SD Negeri Tambahagung 02 dalam pembelajaran PKn? 3) Apakah melalui CTL berbasis realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Tambahagung 02 dalam pembelajaran PKn? Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan guru, (2) meningkatkan aktivitas siswa, (3) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan CTL berbasis Realistik. Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan kehidupan sosial anak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui CTL berbasis Realistik yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SDN Tambahagung 02. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru siklus I memperoleh skor 19 kategori cukup, siklus II skor 28 kategori amat baik, dan siklus III skor 30 kategori amat baik. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 18,86 kategori cukup, siklus II skor 22,58 kategori baik, dan siklus III skor 26,67 kategori amat baik. Hasil belajar siswa siklus I memperoleh rerata kelas 74,67 persentase ketuntasan belajar klasikal 60%, siklus II memperoleh 81,33 persentase ketuntasan belajar klasikal 80%, dan siklus III memperoleh 88 persentase ketuntasan belajar kalsikal 86,67%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan CTL berbasis Realistik dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambahagung 02. Saran bagi guru adalah senantiasa dapat menerapkan berbagai macam proses pembelajaran yang inovatif, bagi siswa adalah senantiasa dapat belajar dengan penerapan CTL berbasis Realistik yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarnya, dan bagi lembaga adalah landasan kepala sekolah melakukan monitoring terhadap tenaga pengajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas, CTL, realistik
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 02:18
Last Modified: 23 Aug 2012 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14057

Actions (login required)

View Item View Item