Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis CD Multimedia Pembelajaran Pada Siswa Kelas IVB SD Negeri Sampangan 02 Kota Semarang
Husnita Rahmani, 1402408258 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis CD Multimedia Pembelajaran Pada Siswa Kelas IVB SD Negeri Sampangan 02 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis CD Multimedia Pembelajaran Pada Siswa Kelas IVB SD Negeri Sampangan 02 Kota Semarang)
- Published Version
Download (34kB) |
Abstract
Pembelajaran PKn yang ada di SD Negeri Sampangan 02 Kota Semarang belum berjalan secara optimal karena guru belum menggunakan pembelajaran yang inovatif dan belum adanya pemanfaatan media yang optimal. Hal tersebut yang menyebabkan siswa kurang berminat dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi tidak memperhatikan pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share Berbasis CD Multimedia Pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi rumusan umum yaitu: Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas IVB SD Negeri Sampangan 02?. Sedangkan rumusan masalah dapat dirinci yaitu: Apakah dengan model kooperatif tipe Think Pair Share Berbasis CD Multimedia Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri Sampangan 02?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn kelas IVB SD Negeri Sampangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IVB di SD Negeri Sampangan 02 Kota Semarang. Jumlah siswa 36 yang terdiri dari 22 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share Berbasis CD Multimedia Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn. Hasil keterampilan guru menunjukkan bahwa pada siklus I persentasenya adalah 65,6% dengan kategori baik, pada siklus II menjadi 78,1% dengan kategori baik dan siklus III adalah 87,5% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65% dengan kategori baik meningkat menjadi 82,2% pada siklus II dengan kategori baik dan 85,9% pada siklus III dengan kategori sangat baik. Selain itu hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 69,4% meningkat pada siklus II dengan persentase 72,2% dan meningkat lagi menjadi 83,3% pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share Berbasis CD Multimedia Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn. Dengan demikian guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share Berbasis CD Multimedia Pembelajaran dalam pelajaran PKn sebagai alternatif pembelajaran yang variatif karena model pembelajaran tersebut terbukti mampu meningkatkan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran PKn, Model kooperatif tipe Think Pair Share, CD Multimedia Pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 23 Aug 2012 02:13 |
Last Modified: | 23 Aug 2012 02:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14055 |
Actions (login required)
View Item |