Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Melalui Pendidikan Matematika Realistik Bagi Siswa Kelas III SD Negeri Kemandungan 3 Tegal


Isni Ahida,, 1401909002 (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Melalui Pendidikan Matematika Realistik Bagi Siswa Kelas III SD Negeri Kemandungan 3 Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Melalui Pendidikan Matematika Realistik Bagi Siswa Kelas III SD Negeri Kemandungan 3 Tegal] Microsoft Word (Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Melalui Pendidikan Matematika Realistik Bagi Siswa Kelas III SD Negeri Kemandungan 3 Tegal) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah materi perkalian dan pembagian, disebabkan sebagian besar siswa tidak dapat memahami perkalian dan pembagian, selain itu guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional dalam proses pembelajarannya. Dengan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) diharapkan dapat memudahkan siswa untuk mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan model PMR untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan perkalian dan pembagian. Apakah melalui penerapan model PMR aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini meningkatkan penerapan PMR, aktivitas dan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari 2 siklus dimana siklus yang pertama terdiri dari 4 pertemuan, 3 pertemuan pembelajaran dan 1 pertemuan tes formatif, sedangkan siklus kedua terdiri dari 3 pertemuan, 2 pertemuan pembelajaran dan 1 pertemuan tes formatif yang setiap pertemuan alokasi waktunya 2 x 35 menit. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data hasil pembelajaran diambil dengan memberikan tes kepada siswa setiap akhir pertemuan adalah data kuantitatif dan pengamatan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa rata-rata minimal 65 dan presentasi ketuntasan klasikal 75% serta aktivitas siswa memperoleh nilai skala minimal dengan klasifikasi baik. Hasil penelitian nilai rata-rata tes matematika siklus I sebesar 64,2 dengan ketuntasan belajar 51,61%. Pada siklus II rata-ratanya 72,9 dengan ketuntasan belajar 90,32%. Begitu juga dengan penerapan model PMR dalam pembelajaran. Berdasarkan data inilah dapat disimpulkan bahwa telah mencapai indikator keberhasilan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan model PMR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Materi Perkalian dan Pembagian, Pendidikan Matematika Realistik (PMR)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 02:09
Last Modified: 23 Aug 2012 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14052

Actions (login required)

View Item View Item