Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep dengan Media Fotografi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IVB SDN Tambakaji 01 Semarang
Faza Saidah, 1402408247 (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep dengan Media Fotografi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IVB SDN Tambakaji 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep dengan Media Fotografi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IVB SDN Tambakaji 01 Semarang)
- Published Version
Download (30kB) |
Abstract
IPS merupakan studi yang bertujuan agar siswa memiliki wawasan tentang konsep-konsep dasar ilmu-ilmu sosial sehingga akan menjadi warga negara yang bertanggungjawab. Hasil observasi awal pembelajaran IPS siswa kelas IVB SDN Tambakaji 01 Kota Semarang mengalami berbagai permasalahan, yaitu: guru belum mampu memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, guru tidak menggunakan media pembelajaran, siswa belum memahami konsep-konsep dan belum mampu membuat kesimpulan dan hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 18,4%. Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran peta konsep dengan media fotografi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Rumusan masalah secara umum penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran peta konsep dengan media fotografi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS? Sedangkan rumusan masalah khususnya adalah apakah strategi pembelajaran peta konsep dengan media fotografi dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa? Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Tambakaji 01 Kota Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase keberhasilan 50% kategori kurang, siklus II memperoleh persentase keberhasilan 75% kategori baik dan pada siklus III memperoleh peresentase keberhasilan 94,4% kategori sangat baik; 2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase keberhasilan 50% kategori kurang, pada siklus II memperoleh persentase keberhasilan 62,5% kategori cukup dan pada siklus III memperoleh persentase keberhasilan 87,5% kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 65,8% , siklus II 73,7%, dan siklus III 84,2%. Simpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran peta konsep dengan media fotografi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran peneliti adalah guru hendaknya menerapkan strategi pembelajaran peta konsep dengan media fotografi sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran IPS, Strategi Pembelajaran Peta Konsep, Media Fotografi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 23 Aug 2012 02:07 |
Last Modified: | 23 Aug 2012 02:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14051 |
Actions (login required)
View Item |