Mengurangi Kebiasaan Merokok Melalui Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Behavior Dengan Teknik Pengkondisian Operan Pada Siswa DI SMA Negeri 2 Demak Tahun Ajaran 2011/2012

Ratna Indah.Wijayanti, , 1301407022 (2012) Mengurangi Kebiasaan Merokok Melalui Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Behavior Dengan Teknik Pengkondisian Operan Pada Siswa DI SMA Negeri 2 Demak Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMA negeri 2 Demak yang menunjukkan bahwa adanya siswa yang mempunyai kebiasan merokok Melalui pemberian konseling behaviour dengan teknik pengkondisian operan diharapkan kebiasaan merokok pada siswa dapat diatasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi kebiasaan merokok siswa di SMA Negeri 2 Demak melalui konseling behavior teknik pengkondisian operan Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan melaksanakan dua siklus. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah empat orang siswa yang mempunyai kebiasaan merokok. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan keempat konseli mempunyai kebiasaan merokok. Konseli mengalami kebiasaan merokok karena pengalaman dengan lingkungan sekitar, mereka merasa penasaran dan akhirnya coba – coba merasakan rokok. Dari hari kehari mereka bisa menghabiskan 3-7 batang sehari dan bahkan lebih. OT dapat mengalihkan perhatian ke kegiatan OSIS dan dapat menolak ajakan teman. Untuk menghilangkan rasa takut terhadap ayahnya dan malunya terhadap hukuman yang diberikan pihak sekolah, FR sibuk membantu ayahnya di sawah. AD sibuk latihan basket dan berusaha mengurangi rokoknya demi kesehatan dan penampilan sebagai atlet yang dituntut sehat, bugar, prima dan dapat menolak ajakan teman saat ditawari rokok. UM sibuk membantu ayahnya membuat mesin penggiling padi. Kebiasaan Merokok dapat diatasi menggunakan konseling behavior dengan teknik pengkondisian operan. Hal ini dibuktikan adanya perubahan pada diri konseli. Konseli sudah dapat mengurangi kebiasaannya terhadap rokok. Disimpulkan bahwa kebiasaan merokok pada siswa dapat diatasi menggunakan pendekatan konseling behavior melalui teknik pengkondisian operan. Saran bagi siswa, orang tua dan pihak sekolah diharapkan mampu mengatasi dan mengurangi kebiasaan merokok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Merokok, konseling behaviour teknik pengkondisian operan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2012 22:00
Last Modified: 22 Aug 2012 22:00

Actions (login required)

View Item