Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif pada Siswa Kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang
Ratna Kusumawati, 1402408224 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif pada Siswa Kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif pada Siswa Kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang)
- Published Version
Download (34kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil pemahaman membaca siswa kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang pada pembelajaran membaca intensif. Siswa kesulitan dalam memahami isi bacaan, belum termotivasi untuk belajar membaca dengan sungguh-sungguh, mudah jenuh saat mengikuti pembelajaran, dan guru belum menerapkan model pembelajaran inovatif. Oleh karena itu, diadakanlah PTK untuk mengatasi masalah yang dihadapi kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran CIRC. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran CIRC masih belum optimal; 2) keterampilan guru dalam pembelajaran membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran CIRC masih belum optimal; 3) hasil belajar dalam pembelajaran membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran CIRC masih belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran CIRC; 2) meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran CIRC; 3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran CIRC. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 24 siswa terdiri dari 11 siswa putra dan 13 siswa putri dan guru kelas IV. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I mendapat rata-rata skor 26,21 dengan kriteria baik, meningkat menjadi 30,6 dengan kriteria sangat baik pada siklus II. 2) hasil observasi keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I mendapat rata-rata skor 26 dengan kriteria baik, meningkat menjadi 31 dengan kriteria sangat baik pada siklus II. 3) Hasil pemahaman membaca siswa mengalami peningkatan untuk pra siklus persentase ketuntasan 39,1%, siklus I mendapat persentase ketuntasan klasikal 75% dan siklus II meningkat dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran membaca intensif. Disarankan agar guru dapat berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien sehingga siswa dapat aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca intensif, Model Pembelajaran CIRC |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 23 Aug 2012 01:58 |
Last Modified: | 23 Aug 2012 01:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14045 |
Actions (login required)
View Item |