Pogram Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama Se- Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011


Ibnu Sunanto,, 1301406039 (2010) Pogram Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama Se- Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pogram Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama Se- Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011] Microsoft Word (Pogram Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama Se- Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Program bimbingan dan konseling adalah satu kesatuan rencana pelayanan bimbingan dan konseling yang di susun secara rinci, jelas dan dapat dipertanggung jawabkan guna mencapai tujuan yang dikehendaki dalam kurun waktu tertentu. Untuk menghasilkan program BK yang baik hendaknya dilakukan melalui tiga tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan program, tahap pelaksanaan program, tahap penilaian program BK. Pelaksannaan tahap-tahap program BK di pengaruhi oleh beberapa faktor dari dalam diri Guru BK atau faktor internal dan faktor dari luar diri Guru BK atau faktor eksteren.faktor interen dan eksteren tersebut selanjutnya dapat menghambat dan mendukung keberhasilan jalanya program bimbingan dan konseling disekolah. Fenomena dilapangan menunjukan bahwa sebagian Guru BK tidak melaksanakan tahapan dalam program BK, sehingga program BK yang di buat belum dapat memenuhi harapan dan terkesan alakadarnya. Program BK yang disusun alakadarnya mempengaruhi pelaksanaan layanan BK dan mengurangi antusias siswa dalam mengikuti layanan BK di sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru BK SMP Negeri se-Kabupaten Batang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik porposif sampling yaitu mengambil sebagian Guru BK yang dapat mewakili popualsi penelitian. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu program pelayanan bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, angket digunakan untuk mengukur seberapa sesuai tahapan dalam program yang dilaksanakan Guru BK dengan teori program BK dan seberapa tinggi faktor interen dan eksteren yang menghambat dan mendukung pelaksanaan tahapan program BK disekolah.. Pada taraf signifikansi 5% dan N 12 pada angket terdapat 16 item pernyataan yang tidak valid dari 111 item karena rtabel > rhitung. Reliabilitas, pada rtabel 0,576 diperoleh hasil 0,938 artinya rtabel < rhitung sehingga dapat dinyatakan bahwa instrumen tersebut reliabel. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, hasil analisis deskriptif persantase perencanaan program sebesar 68,48% termasuk dalam katagori cukup baik, pelaksanaan program sebesar 63,33% termasuk dalam katagori cukup baik, penilaian program sebesar 54,84% termasuk dalam katagori cukup baik dan presentase secara keseluruhan program BK di SMP Negeri di kabupaten Batang adalah sebesar 58,88% termasuk dalam katagori cukup baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: program bimbingan dan konseling
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 01:19
Last Modified: 23 Aug 2012 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14040

Actions (login required)

View Item View Item