Peran Istri dalam Mendorong Kewirausahaan Industri Rumah Tangga (Studi Deskriptif Istri- Istri Pengusaha Industri Rumah Tangga di Kelurahan Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga)


Rizqi.Kristiana, 1201407024 (2011) Peran Istri dalam Mendorong Kewirausahaan Industri Rumah Tangga (Studi Deskriptif Istri- Istri Pengusaha Industri Rumah Tangga di Kelurahan Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peran  Istri dalam Mendorong Kewirausahaan Industri Rumah Tangga (Studi Deskriptif Istri- Istri Pengusaha Industri Rumah Tangga di Kelurahan Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga)] Microsoft Word (Peran Istri dalam Mendorong Kewirausahaan Industri Rumah Tangga (Studi Deskriptif Istri- Istri Pengusaha Industri Rumah Tangga di Kelurahan Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga)) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Kota Salatiga khususnya Kelurahan Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir yang terkenal sebagai daerah industri rumah tangga. Industri rumah tangga yang berkembang di daerah tersebut seperti industri konveksi, industri makanan, industri kerajinan dan lain- lain. Peran istri dalam kewirausahaan mempunyai peran sangat penting dalam perkembangan industri rumah tangga yang dijalankan. Bertolak dari hal tersebut maka permasalahan ini adalah 1). Peran istri dalam mendorong kewirausahaan dilihat dari segi peran istri pada proses produksi, peran istri pada pemasaran hasil produksi, serta peran istri pada bidang manajemen baik manajemen keuangan maupun manajemen keuangan usaha. 2). Peran istri mendorong keberhasilan kewirausahaan dalam keluarga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang merupakan metode penelitian dengan menghasilkan data- data deskriptif berupa kata- kata tertulis dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga. Fokus penelitian ini adalah peran istri dalam mendorong kewirausahaan mulai dari produksi, pemasaran, serta manajemen baik manajemen keuangan maupun manajemen karyawan. Peran istri mendorong keberhasilan kewirausahaan dalam keluarga. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 4 istri pengusaha industri konveksi dan 4 istri pengusaha industri makanan, serta mantan carik sebagai informan mengenai sejarah adanya kewirausahaan yang ada di Kelurahan Tingkir Lor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menentukan validitas data digunakan teknik trianggulasi dengan memanfaatkan sumber lain, yaitu membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu di Kelurahan Tingkir Lor peran istri yang mendominasi produksi ada 4 orang, pemasaran ada 5 orang, serta manajemen ada 2 orang. Masing- masing istri ada yang mendominasi dua peran. Sistem perekrutan karyawan tergantung pada pengalaman, kedekatan jarak tempat tinggal. Perilaku kewirausahaan kepemimpinan terpusat, melakukan inovasi pada usaha, pengambilan keputusan dengan kekeluargaan (memperhitungkan resiko), sikap positif terhadap perubahan, kerja secara efisien, memiliki komitmen menjaga kualitas pelayanan dan barang hasil produksi. Oleh karena itu, saran yang dapat disampaikan adalah: istri walaupun mempunyai peran dalam keberhasilan kewirausahaan hendaknya tidak melupakan kodratnya yaitu mengurus rumah tangga dan mendidik anak- anak dirumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan Industri Rumah Tangga
Subjects: T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 01:08
Last Modified: 23 Aug 2012 01:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14034

Actions (login required)

View Item View Item