Peningkatan Kualitas pembelajaran IPS Model Quantum Teaching dengan Media CD Pembelajaran pada Siswa Kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01


Hermadhani Safitri, 1402408156 (2012) Peningkatan Kualitas pembelajaran IPS Model Quantum Teaching dengan Media CD Pembelajaran pada Siswa Kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas pembelajaran IPS Model Quantum Teaching dengan Media CD Pembelajaran pada Siswa Kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas pembelajaran IPS Model Quantum Teaching dengan Media CD Pembelajaran pada Siswa Kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Pendidikan IPS membantu siswa dalam mengembangkan berfikir logis, memecahkan masalah, dan memiliki keterampilan dalam kehidupan sosial. Akan tetapi, pada kenyatannya pembelajaran IPS pada siswa kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01 masih rendah. 61,5% siswa mendapat nilai di bawah KKM, dengan nilai terendah 46 dan nilai tertinggi 84. Rerata hasil belajar yang diperoleh siswa yaitu 60,56. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran kurang menarik, pemilihan model pembelajaran yang digunakan kurang inovatif, dan penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal. Oleh karena itu, digunakanlah model pembelajaran Quantum Teaching dengan media CD pembelajaran supaya pembelajaran menyenangkan dan siswa aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: Apakah model pembelajaran Quantum Teaching dengan media CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi? Penelitian ini bertujuan untuk: Meningkatkan kualitas pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi melalui model pembelajaran Quantum Teaching dengan media CD pembelajaran. Penelitian terdiri atas III siklus dengan 1 pertemuan setiap siklusnya, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi, dan revisi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01 yang berjumlah 39 siswa, terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Sedangkan variabel penelitian ini adalah (1) keterampilan guru (2) aktivitas siswa (3) hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran IPS menggunakan model Quantum Teaching dengan media CD pembelajaran pada siswa kelas IVB meliputi peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Terbukti dengan peningkatan skor keterampilan guru dari skor 20 pada siklus I menjadi 26 pada siklus II. Kemudian meningkat menjadi 30 pada siklus III. Aktivitas siswa meningkat dari skor 19,8 pada siklus I menjadi 22,8 pada siklus II. Kemudian meningkat menjadi 25,7 pada siklus III. Hasil belajar IPS menggunakan model Quantum Teaching meningkat dari 61,5% pada siklus I menjadi 69,2% pada siklus II. Kemudian meningkat menjadi 80,2% pada siklus III. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01. Disarankan bagi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa, perlu mengembangkan model pembelajaran yang inovatif salah satunya menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Model Quantum Teaching
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 01:08
Last Modified: 23 Aug 2012 01:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14033

Actions (login required)

View Item View Item