Sikap Kewirausahaan Peserta Didik Program Paket B Kelas IX di UPTD SKB Susukan Kabupaten Semarang


Erlinda Martha.Rostiani,, 1201407015 (2011) Sikap Kewirausahaan Peserta Didik Program Paket B Kelas IX di UPTD SKB Susukan Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sikap Kewirausahaan Peserta Didik Program Paket B Kelas IX di UPTD SKB Susukan Kabupaten Semarang] Microsoft Word (Sikap Kewirausahaan Peserta Didik Program Paket B Kelas IX di UPTD SKB Susukan Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah strategi pembelajaran program paket B kelas IX terintegrasi vokasi di UPTD SKB Susukan Kabupaten Semarang dan; (2) Bagaimanakah sikap kewirausahaan peserta didik program paket B kelas IX setelah diberikan pembelajaran yang terintegrasi vokasi di UPTD SKB Susukan Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Mendeskripsikan strategi pembelajaran program paket B kelas IX terintegrasi vokasi di UPTD SKB Susukan Kabupaten Semarang dan; (2) Mendeskripsikan sikap kewirausahaan peserta didik program paket B kelas IX setelah diberikan pembelajaran yang terintegrasi vokasi di UPTD SKB Susukan Kabupaten Semarang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di UPTD SKB Susukan Kabupaten Semarang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 5 orang peserta didik, 2 orang tutor dan seorang penyelenggara. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Reduksi Data; (2) Display Data dan ; (3) Penarikan Kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian antara lain efektivitas penggunaan waktu, observasi intensif, triangulasi, dan pengecekan anggota. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Strategi pembelajaran dalam Program Paket B Terintegrasi Vokasi ini meliputi: peserta didik yang direkrut berusia 13-15 tahun dan berasal dari keluarga tidak mampu. Tutor yang berlatar pendidikan S1 berjumlah 18 orang, sedangkan 4 orang lulusan SMP dan SMA. Penyelenggara meliputi Pamong Belajar dan Staf TU. Kurikulum yang digunakan yaitu KTSP. Bahan ajar yang digunakan meliputi modul pokok materi akademik, modul pelengkap yang relevan, dan modul keterampilan. Program pembelajaran yang diterapkan Kesetaraan Integrasi Vokasi. Selama proses pembelajaran peserta didik kurang termotivasi untuk materi akademik, mereka lebih antusias mengikuti pembelajaran keterampilan. Evaluasi yang dilaksanakan yaitu tes harian, tes tengah semester, ujian akhir dan tes keterampilan; (2) Sikap-sikap kewirausahaan meliputi: kedisiplinan, komitmen yang tinggi, kejujuran, kreatif dan inovatif, kemandirian, dan cara berpikir realistis sudah mulai terbentuk. Simpulan dalam penelitian ini strategi pembelajaran Program Paket B Terintegrasi Vokasi dilaksanakan sesuai dengan pedoman dari Kemdiknas. Permasalahan yang ditemui yaitu masih terdapat 4 orang tutor yang belum memenuhi kualifikasi akademik serta motivasi peserta didik masih rendah. Sikap kewirausahaan yang tertanam kuat yaitu kejujuran dan kemandirian, sedangkan dalam hal kedisiplinan dan menjaga komitmen masih lemah. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan: (1) Peserta didik lebih meningkatkan kedisiplinannya, selain itu diharapkan bisa memegang komitmen yang telah dibuat; (2) Tutor diharapkan senantiasa membuat RPP sebelum melakukan pembelajaran dan lebih memotivasi peserta didik untuk meningkatkan kedisiplinan; (3) Penyelenggara dalam merekrut tutor hendaknya mengutamakan yang lulusan S1.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Program Paket B, Sikap Kewirausahaan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 00:51
Last Modified: 23 Aug 2012 00:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14029

Actions (login required)

View Item View Item