Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision Berbasis Media Visual Kelas IV/C SDN Ngaliyan 01 Semarang.


Yulina Ismiyanti, 1402408070 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision Berbasis Media Visual Kelas IV/C SDN Ngaliyan 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision Berbasis Media Visual Kelas IV/C  SDN Ngaliyan 01 Semarang.] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision Berbasis Media Visual Kelas IV/C SDN Ngaliyan 01 Semarang.) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di sekolah baik di tingkat dasar sampai ke tingkat menengah atas. Mata pelajaran IPS di tingkat dasar dimaksudkan untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan kemampuan praktis agar mereka dapat menelaah, mempelajari, dan mengakaji fenomena-fenomena serta masalah-masalah sosial yang ada disekitar mereka. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV/C SDN Ngaliyan 01 Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu guru belum menggunakan model pembelajaran yang baik, guru belum menggunakan media yang menarik, sumber belajar masih minim, pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga menyebabkan minat siswa dalam pembelajaran IPS sangat kurang dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 34%. Berdasarkan hasil diskusi dengan kolaborator untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dipilih model kooperatif tipe STAD berbasis media visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model kooperatif tipe STAD berbasis media visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktiviatas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV/C SDN Ngaliyan 01 Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang mencakup keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV/C SDN Ngaliyan 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui penerapan model kooperatif tipe STAD berbasis media visual. Penelitian ini dilakukan dalam III siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV/C SDN Ngaliyan 01 Semarang yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes yang meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor keterampilan guru pada siklus I yaitu 28 dengan kategori baik, siklus II meningkat menjadi 32 dengan kategori sangat baik, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 35 dengan kategori sangat baik. Rata-rata aktivitas siwa pada siklus I memperoleh skor 14,7 dengan kategori baik, siklus II meningkat menjadi 15,5 dengan kategori baik, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 17 dengan kategori sangat baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 73,7%, siklus II meningkat menjadi 78,9%, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 92,1%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis media visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV/C SDN Ngaliyan 01 Semarang. Saran bagi guru agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis media visual dalam pembelajaran IPS serta menerapkan pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision, Media Visual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Aug 2012 05:11
Last Modified: 16 Aug 2012 05:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13999

Actions (login required)

View Item View Item