Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang
Retnosari, 1402408031 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang)
- Published Version
Download (33kB) |
Abstract
Pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 mengalami kendala. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan belum kreatif ketika menyelesaikan tugas atau permasalahan. Hal ini disebabkan karena penyampaian materi pelajaran PKn belum mengaitkan materi yang akan diajarkan dengan kehidupan nyata siswa di masyarakat. Siswa belum kreatif dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Hal tersebut menyebabkan materi pelajaran PKn kurang bermakna bagi siswa sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah secara umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang? Adapun rumusan masalah khususnya yaitu apakah strategi pembelajaran kreatif produktif berbasis CTL dapat meningkatkan keterampilan guru, kreativitas siswa dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang? Tujuan umum dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui strategi pembelajaran kreatif produktif berbasis CTL pada siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang. Sedangkan tujuan khususnya adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, kreativitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 melalui strategi pembelajaran kreatif produktif berbasis CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Tugurejo 01 Semarang. Jumlah siswa 35 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui strategi pembelajaran kreatif produktif berbasis CTL dapat meningkatkan keterampilan guru, kreativitas siswa dan hasil belajar siswa. Hasil observasi keterampilan guru pada siklus I persentasenya 67,5% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II yaitu 75% dengan kriteria baik dan pada siklus III 90% dengan kriteria sangat baik. Hasil kreativitas siswa pada siklus I adalah 71% dengan kriteria baik, pada siklus II menjadi 74,25% dengan kriteria baik dan pada siklus III 83,25% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan persentase hasil belajar pada siklus I 68,57%, pada siklus II 77,14% dan pada siklus III menjadi 94,28%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran kreatif produktif berbasis CTL dapat meningkatkan keterampilan guru, kreativitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn. Peneliti menyarankan agar guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi agar dapat meningkatkan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif, CTL |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 16 Aug 2012 04:33 |
Last Modified: | 16 Aug 2012 04:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13994 |
Actions (login required)
View Item |