Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Siswa Di Kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Semarang melalui Pendekatan Inkuiri


Blita Rosalina, 1402407151 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Siswa Di Kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Semarang melalui Pendekatan Inkuiri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Siswa Di Kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Semarang melalui Pendekatan Inkuiri] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Siswa Di Kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Semarang melalui Pendekatan Inkuiri) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang kurang optimal dan hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal hanya mencapai 27,50% (11 dari 40 siswa)dengan rata-rata kelas 53,50, karena siswa kurangaktif dalam mencari dan menemukan jawaban, penggunaan media oleh siswa untuk mencari dan menemukan jawaban kurang maksimal, pengarahan untuk aktivitas siswa kurang maksimal, siswa kurang bisa saling bekerja sama dalam bekerja kelompok.Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Semarang kurang mengaktifkan siswa sehingga diperoleh hasil belajar yang rendah dan kurang memuaskan. Rumusan masalah yang muncul yaitu: Apakah melalui pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Semarang?Masalah tersebut dirinci: (1) apakah melalui pendekatan inkuiri dapat meningkatkan keterampilan guru kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Semarang dalam pembelajaran matematika?(b) apakah melalui pendekatan inkuiri dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Semarang dalam pembelajaran matematika?(3) apakah melalui pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Semarang dalam pembelajaran matematika?Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Semarang melalui pendekatan inkuiri, yang meliputi: (1) meningkatkan keterampilan guru kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Semarang dalam melaksanakan pembelajaran matematika melalui pendekatan inkuiri; (2) meningkatkan aktivitas siswa kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Semarang dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan inkuiri; (3) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Semarang dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan inkuiri. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tawang Mas 01 Semarang, meliputi seluruh siswa kelas IV B tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 36 siswa. Data diperoleh dari hasil observasi, catatan lapangan, dan dokumen yang dianalisis dengan cara analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan inkuiri dapat meningkatkan keterampilan guru dengan skor rata-rata 2,9 pada siklus pertama menjadi 3,6 pada siklus kedua, aktivitas siswa meningkat dari skor rata-rata 3,1 pada siklus pertama menjadi 3,6 pada siklus kedua, dan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 72,22% (26 dari 36 siswa) rata-rata 70,97 pada siklus pertama meningkat menjadi 91,67% (33 dari 36 siswa) rata-rata 78,87 pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan dalam menerapkan pembelajaran matematika melalui pendekatan inkuiri sebaiknya: (1) guru mengemas pembelajaran lebih menarik dan mengaktifkan siswa dalam pembelajaran; (2) siswa lebih mengembangkan kemampuan intelektualnya (kemampuan berfikirnya) dalam mencari pemecahan masalah; (3) siswa selalu aktif dalam kegiatan belajar; dan (4) Pembelajaran inkuiri lebih mengaktifkan siswa untuk mencari dan menemukan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Pendekatan Inkuiri, Tawang Mas
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Aug 2012 04:25
Last Modified: 16 Aug 2012 04:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item View Item