Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Quantum Teaching dengan Media Audio Visual Siswa Kelas IV SDN Wonorejo 01 Kabupaten Semarang

Risa Pujiastuti, 1401909041 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Quantum Teaching dengan Media Audio Visual Siswa Kelas IV SDN Wonorejo 01 Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah, terlihat dari hasil nilai ulangan harian siswa secara klasikal yang masih dibawah KKM dan belum memuaskan. Pembelajaran secara konvensional dan belum digunakannya strategi yang tepat dalam menyampaikan materi menyebabkan siswa tidak tertarik dan tidak termotivasi mempelajari IPS. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan quantum teaching dengan media Audio Visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah penerapan quantum teaching pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan ketrampilan guru kelas IV SDN Wonorejo 01 Kabupaten Semarang? 2) Apakah penerapan quantum teaching pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Wonorejo 01 Kabupaten Semarang? 3) Apakah penerapan quantum teaching pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wonorejo 01 Kabupaten Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wonorejo 01 Kabupaten Semarang melalui quantum teaching. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Wonorejo 01 berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 19 putra dan 11 putri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa tes tertulis dan teknik nontes berupa observasi, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa. Keterampilan guru meningkat dari 58,33 % yaitu kategori cukup (siklus I) menjadi 76,16 % yaitu kategori baik (siklus II) dan 93,75 % yaitu kategori sangat baik (siklus III). Aktivitas siswa meningkat dari 61,50 % yaitu kategori cukup (siklus I) menjadi 73,50 % yaitu kategori baik (siklus II) dan 85,58 % yaitu kategori sangat baik (siklus III). Hasil belajar siswa meningkat diketahui dari rata-rata siswa yaitu 64,93 pada siklus I, menjadi 72,07 pada siklus II, dan 82,33 pada siklus III. Ketuntasan klasikal juga meningkat berturut-turut dari siklus I, II dan III yaitu: 47%, 73%, dan 83%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa quantum teaching dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Wonorejo 01 Kabupaten Semarang. Saran yang penulis berikan adalah sebaiknya quantum teaching coba diterapkan pada mata pelajaran yang lain, guru bisa menggunakan media yang lain ketika menerapkan quantum teaching dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS, Kualitas Pembelajaran, quantum teaching
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Aug 2012 00:18
Last Modified: 16 Aug 2012 00:18

Actions (login required)

View Item